Menarik juga menyaksikan kembali penampilan Messi di lapangan. Kami benar-benar menaruh perhatian ketika dia berlatih dan tampil bermain
Barcelona (ANTARA News) - Barcelona mewarisi semangat yang dihembuskan oleh Julius Caesar dengan pepatah Latin klasik: Veni, vidi, vici, yang artinya aku telah datang, aku telah melihatnya, (dan) aku telah memenanginya. Ungkapan itu diucapkan Caesar dalam arak-arakan kemenangannya.

Ya, baru saja Barcelona berkunjung ke markas Real Madrid, di Santiago Bernabeu. Pasukan Catalan mengobrak-abrik balatentara Madrid dengan meraih kemenangan 4-0 pada laga bertajuk El Clasico pada Minggu (22/11).

Kini tim asuhan pelatih Luis Enrique siap menjamu tim tamu asal Italia, AS Roma dalam palagan Grup E Liga Champions 2015/16 yang digelar di Stadion Nou Camp, Barcelona pada Selasa waktu setempat, atau Rabu dini hari, pukul 02.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Kemenangan berbuah kemuliaan. Kini, Barcelona bertengger di puncak klasemen La Liga (Liga Spanyol) dengan menggondol 30 poin, selisih enam poin meninggalkan Real Madrid yang membesut di posisi ketiga dengan memperoleh 24 poin. Posisi kedua ditempati oleh Atletico Madrid dengan meraih 26 poin.

Lionel Messi menyedot perhatian dunia sejagat. Ia baru saja pulih dari cedera lutut, dan menunjukkan penampilan gemilang ketika melawan Real Madrid. Melawan AS Roma, penampilan La Pulga, julukan bagi Messi, benar-benar merupakan batu ujian bahkan batu penjuru untuk mengukuhkan diri sebagai "Julis Cesar"-nya sepak bola.

Bek Barcelona, Javier Mascherano diragukan tampil karena mengalami cedera otot sementara Rafinha didera cedera lutut. Ini menjadi bagi pekerjaan rumah tersendiri bagi Enrique untuk menggalang pertahanan apik menghadapi AS Roma.

Roma ditahan imbang Barcelona dengan skor 1-1 dalam laga pertama. Laga di Nou Camp ini menjadi kesempatan bagi kedua tim menunjukkan performa terbaik dan meraih kemenangan agar dapat lolos ke babak 16 besar Liga Champions.

Pelatih Rudia Garcia tidak memasang penyerang handal dan berpengalaman Francesco Totti, Gervinho, yang keduanya masih dibekap cedera punggung, sementara Mohamed Salah belum pulih dari cedera engkel, sementara gelandang Daniele De Rossi diragukan tampil karena menderita cedera paha.

Komentar dua pelatih: (UEFA.com)

* Luis Enrique (Barcelona):

"Kami memandang bahwa pertandingan ini merupakan kesempatan untuk melaju ke babak grup selanjutnya. Saya yakin kami mampu tampil lebih baik lagi (dibandingkan) ketika kami mengalahkan Real Madrid 4-0 pada laga Minggu lalu."

"Saya tidak akan membandingkannya dengan kemenangan 6-2 (dalam laga di Santiago Bernabeu pada Mei 2009). Saya berharap pertandingan nanti berlangsung sengit, karena mereka memerlukan hasil positif. Dengan begitu, pertandingan nanti bakal berlangsung sangat terbuka. Menarik juga menyaksikan kembali penampilan Messi di lapangan. Kami benar-benar menaruh perhatian ketika dia berlatih dan tampil bermain."

* Rudia Garcia (AS Roma):

"Sepak bola adalah laga yang indah. Dan dalam sepak bola ternyata tidak selalu tim yang terbaik meraih kemenangan. Saya tidak yakin bahwa tim tertentu selalu tidak terkalahkan. Jika kami tidak yakin bahwa sungguh berniat dan bertekad bertanding di sini, tentu kami beroleh kekalahan."

"Kami harus mengambil kesempatan dan bekerja keras. Kami mengetahui Barcelona dan berusaha menguasai bola sepanjang pertandingan,  dengan begitu kami mempunyai kesempatan terbaik untuk mencetak gol ke gawang mereka. Kami tidak akan bertahan sepanjang pertandingan berlangsung, karena dengan begitu kami bisa saja menderita kekalahan."

Prakiraan susunan pemain:

* Barcelona (4-3-3):

Ter Stegen (penjaga gawang); Alves, Pique, Mathieu, Alba; Rakitic, Busquets, Iniesta; Roberto, Suarez, Neymar

* AS Roma (4-3-3):
Szczesny (penjaga gawang); Maicon, Manolas, Rudiger, Digne; Nainggolan, Keita, Pjanic; Florenzi, Dzeko, Iturbe

Data dan fakta (Opta Facts):

* Barcelona tak pernah mengalahkan Roma dalam ajang Liga Champions, dua kali imbang, dan sekali kalah dari tiga laga melawan Giallorossi.
* Barcelona tidak pernah terkalahkan dalam sembilan laga di kandang melawan tim asal Italia. mereka meraih tujuh kemenangan dan beroleh dua hasil imbang.
* Roma belum pernah meraih kemenangan di laga tandang di ajang Liga Champions dalam tujuh laga terakhir. (empat kali imbang, tiga kali kalah).
* Tim asal Italia ini kali terakhir meraih kemenangan ketika berkunjung ke Spanyol dalam kompetisi (2-2 melawan Real Madrid pada Maret 2008), dan hanya menderita dia kekalahan dari tujuh laga tandang melawan tim asal Spanyol (tiga kali menang, dua kali imbang).
* Roma kebobolan enam gol dalam 30 menit awal pertandingan. Capaian ini melebihi tim-tim lain di Liga Champions musim ini.
* Roma mampu mencetak gol ke-100 dalam ajang Liga Champions dalam pertandingan ini (sekarang mereka menorehkan 97 gol).
* Barcelona berusaha mencapai rekor dalam kompetisi ini dengan capaian tertinggi dalam melepas operan (2926 operan) dalam ajang Liga Champions, sementara Roma (1576 operan)   
 
Lima laga terakhir:
(W:menang; D:imbang; L:kalah)

* Barcelona: W W W W D


21/11/2015 Real Madrid 0 - 4 Barcelona
08/11/2015 Barcelona 3 - 0 Villarreal
04/11/2015 Barcelona 3 - 0 BATE Borisov
31/10/2015 Getafe 0 - 2 Barcelona
28/10/2015 Villanovense 0 - 0 Barcelona

* AS Roma: D W W L W

21/11/2015 Bologna 2 - 2 AS Roma
08/11/2015 AS Roma 2 - 0 SS Lazio
04/11/2015 AS Roma 3 - 2 Bayer 04 Leverkusen
31/10/2015 Internazionale Milano 1 - 0 AS Roma
28/10/2015 AS Roma 3 - 1 Udinese

Head To Head:
 
16/09/2015 AS Roma 1 - 1 Barcelona
05/08/2015 Barcelona 3 - 0 AS Roma
26/02/2002 AS Roma 3 - 0 Barcelona
20/02/2002 Barcelona 1 - 1 AS Roma

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Barcelona 4- 0 AS Roma (15 persen)
* Barcelona 3 - 0 AS Roma (14 persen)
* Barcelona  3 - 1 AS Roma (13 persen)
 
Prediksi jalannya laga:

* Barcelona akan maju "bertempur" melawan serdadu asal Italia berbekal kepercayaan diri penuh setelah melumat Real Madrid dengan skor 4-0. Kepercayaan diri merupakan vitamin terbaik bagi tim untuk meraih kemenangan, apalagi mereka kini bertanding di hadapan publik sendiri.

* Roma tidak akan tinggal diam. Pasukan asuhan pelatih Rudi Garcia siap memberi perlawanan untuk memraih hasil positif agar dapat mengembangkan dan terus menghidupkan asa lolos ke babak kualifikaksi 16 besar. Masalahnya, mereka hanya mampu meraih satu poin ketika bertanding dalam kompetisi tim-tim elite Eropa. Mereka masih memerlukan penampilan yang inspiratif menghadapi tim sekelas Barcelona.

* Lagi- lagi Barcelona siap menunjukkan penampilan yang serba superior dengan meraih kemenangan di Camp Nou.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Barcelona: 3
* AS Roma: 0   

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015