Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Komisi III Benny K Harman mengatakan, Komisi III DPR RI sudah menerima data-data calon pimpinan KPK dari Pansel KPK.

"Dengan demikian, Komisi III sudah bisa melanjutkan uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon pimpinan KPK," kata Benny di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa.
 
Benny menyebutkan, dari data calon pimpinan KPK yang diterima Komisi III DPR, masih ada calon pimpinan KPK yang bermasalah.

“Untuk sementara ini, semua lengkap, kalau pun ada yang tidak memenuhi persyaratan, misalnya persyaratan sarjana hukum, tapi itu kan sangat administratif, sangat teknis, teknis administratif tidak bisa menggugurkan capim-capim yang ada untuk ikut uji kepatutan dan kelayakan,” kata politisi Partai Demokrat itu.
 
Terkait masih adanya masalah terhadap calon pimpinan KPK, Benny menyebutkan, masalah tersebut diserahkan kepada masing-masing fraksi.

"Kalau mau menolak atau menerima nanti pada saat uji kelayakan dan kepatutan," jelasnya.
 
‎Pansel KPK telah menyerahkan data-data 8 calon pimpinan KPK kepada Komisi III DPR RI.

Sementara dua calon pimpinan KPK, yakni Busyro Muqoddas dan Roby Arya Brata telah menjalani uji kepatutan dan kelayakan pada Desember 2014. Dari 10 nama calon pimpinan KPK tersebut, Komisi III DPR RI akan memilih 5 orang.


Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015