Samarinda (ANTARA News) - Dua penyuluh pertanian dan perikanan Kota Samarinda, Kalimantan Timur berhasil meraih penghargaan terbaik nasional.

"Dari 10 penyuluh pertanian dari Samarinda yang diusulkan sebagai penyuluh terbaik di tingkat Provinsi Kaltim pada ajang Peningkatan SDM Penyuluh dan Petugas Kelompok Tani tahun 2015, dua diantaranya berhasil tembus ke tingkat nasional," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Daerah Kota Samarinda (BKP3D) Ary Yasir Pilipus, Selasa.

Kedua penyuluh yang berhasil meraih penghargaan tersebut kata Ary Yasir yakni, Siti Uriana, sebagai penyuluh pertanian terbaik dan Mudriyanto yang berhasil menyandang gelar sebagai penyuluh perikanan terbaik.

"Keduanya merupakan penyuluh terbaik yang mewakili Provinsi Kaltim sebagai penerima penghargaan tingkat nasional," katanya.

Ia mengakui, keseharian kedua penyuluh tersebut memang intensif melakukan pendampingan terhadap kelompok tani binaannya. Terpilihnya Siti dan Mudriyanto sebagai penyuluh pertanian dan perikanan terbaik tingkat nasional lanjut Ary Yasir, diharapkan mampu memotivasi seluruh tenaga penyuluh di Kota Samarinda untuk meningkatkan kinerja dan berinovasi dalam memberikan penyuluhan dan pendampingan, baik di bidang pertanian, perikanan, peternakan dan kehutanan.

"Harus diakui, keberhasilan pembangunan pertanian diantaranya, karena andil para penyuluh profesional yang mampu mendorong petani untuk meningkatkan produksi pertanian," ujar Ary Yasir.

Pemkot Samarinda menurut Ary Yasir, sangat mendukung keberhasilan para penyuluh pertanian dan perikanan yang mampu bekerja keras hingga berhasil mendapatkan pengakuan di tingkat nasional.

"Semoga dengan prestasi ini juga bisa seimbang dengan pencapaian produksi pertanian maupun perikanan di Kota Samarinda, sehingga penyuluh berprestasi mampu menghasilkan petani-petani berhasil dan sejahtera," ujar Ary Yasir.

Pewarta: Amirullah
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015