Jakarta (ANTARA News) - Lynksys menghadirkan EA8500, wireless AC router pertama di dunia yang mengusung teknologi MU-MIMO (multi user, muti input, multi output) yang dapat berfungsi untuk 100 perangkat.

Router mutakhir Linksys tersebut menggunakan teknologi 802.11ac Wave 2 MU-MIMO.

"Teknologi MU-MIMO yang disematkan pada EA8500 mampu menghadirkan pengalaman nirkabel rumahan yang begitu revolusioner. Semua dapat terlaksana secara bersamaan sekaligus dari perangkat yang berbeda-beda," kata Head of Networking BU, Int'l Markets (APeA) Linksys Jaimoham Thampi, di Jakarta, Selasa.

Menurut Thampi, dengan teknologi MU-MIMO pengguna bisa melakukan beragam aktivitas seperti mengirim email, sosial media, menonton film atau acara TV berkualitas HD secara streaming, video game, dan sebagainya dari perangkat berbeda pada saat bersamaan dengan akses internet yang mulus.

"Berbeda dengan konvensional WiFi atau SU MIMO, yang memberi akses internet secara bergantian pada beragam perangkat di saat bersamaan. Teknologi MU MIMO memungkinkan penyajian pita lebar yang terdedikasikan pada masing-masing perangkat secara simultan sehingga menghadirkan pengalaman mengakses internet yang mulus dengan waktu lag yang dapat ditekan hingga seminimal mungkin," jelasnya.

"EA8500 dapat memberi fungsi dengan baik untuk 100 perangkat dengan kapasitas yang sama dan waktu yang bersamaan," tambah Technic Product Manager Linksys Asia Pacific Christian.

Router EA8500 dipersenjatai dengan teknologi Qualcomm MU EFX MU-MIMO yang mendukung tersajinya kecepatan tiga kali lebih tinggi dibandingkan dengan teknologi WiFi yang ada saat ini. Paduan kecepatan 2.53 Gbps WiFi (hingga 1733 Mbps untuk 5 GHz serta 800 Mbps untuk 2.4 GHz, meminimalkan adanya buffering saat berselancar dab mendukung pengunduhan yang lebih cepat. Selain itu, router tersebut didukung dengan supercharged 1.4 GHz dual core CPU dan empat porta Gigabit untuk suguhan kecepatan tinggi.

Pengguna dapat mencolokkan perangkat ke porta USB 3.0 maupun porta combo USB 2.0/eSATA tersedia untuk streaming konten personal di cloud yang nyaris bebas lag atau berbagi data di sepanjang jaringan.

Terdapat pula empat buah antena yang dapat dilepas pasang dan disesuaikan untuk menghasilkan jangkauan maksimal serta beamforming yang menguatkan pancaran sinyal WiFi dan memfokuskan arah pancaran sinyal ke masing-masing perangkat sehingga performa kecepatan dan jangkauan yang dihasilkan lebih tinggi.

Linksys Max Stream AC2600 MU-MIMO Gigabit Router (EA8500) dibanderol dengan harga Rp4.799.000.

Pewarta: Monalisa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015