Untuk itu, Kota Bogor harus lebih optimis lagi kedepannya. Dan hasil ini harus menjadi motivasi untuk tahun depan, agar Kota Bogor meraih Piala Adipura,
Bogor (ANTARA News) - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat berhasil meraih Sertifikat Adipura 2015 bersama 69 kota dan kabupaten lainnya di Indonesia, ini menjadi penyemangat dalam penantian panjang setelah 27 tahun Anugerah Adipura diperoleh oleh Kota Hujan tersebut pada tahun 1988.

"Meski bukan piala, tetapi ini sudah merupakan penghargaan yang harus kita syukuri," kata Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto di Bogor, Selasa.

Bima mengatakan, Setifikat Adipura diberikan kepada daerah yang melakukan lompatan signifikan dalam pengelolaan lingkungan dan sampah. Nilai yang dicapai Kota Bogor tahun ini berselisih sedikit untuk meraih Piala Adipura.

"Untuk itu, Kota Bogor harus lebih optimis lagi kedepannya. Dan hasil ini harus menjadi motivasi untuk tahun depan, agar Kota Bogor meraih Piala Adipura," kata Bima.

Dalam kegiatan rapat staf di Balai Kota, Bima menyampaikan kepada seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Bogor harapannya agar perolehan yang dicapai tahun ini ada langkah lanjut untuk mendorong lebih nyata partisipasi masyarakat.

"Dalam enam bulan kedepan akan dilaksanakan lomba kebersihan tingkat RT. Ini salah satu langkah penguatan kedepan," kata Bima.

Menurut Bima, agar perlombaan melahirkan kesadaran yang kuat di masyarakat, setiap RT yang akan berpartisipasi harus mendaftar terlebih dahulu. Dan lintas OPD harus mengkonsep lomba kebersihan tingkat RT agar apa yang ditargetkan tercapai.

"Selamat dan terima kasih kepada OPD terkait yang telah berjuang dan bersinergi bersama sehingga Kota Bogor meraih Setifikat Adipura," kata Bima.

Bima menambahkan, ia berharap seluruh OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Bogor dapat berkontribusi dan terus memberikan dukungan agar cita-cita meraih Piala Adipura menjadi kenyataan.

Sertifikat Adipura diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat dalam acara penyerahan Anugerah Adipura yang dilangsungkan Senin (23/11) malam kemarin di Jakarta. Penilaian Adipura dilakukan kepada 357 kabupaten/kota dan Proper kepada 2.137 perusahaan. Penilaian ini dilakukan untuk melihat pengelolaan lingkungan pada satu kota/kabupaten maupun perusahaan.

Pewarta: Lailay Rahmawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015