Samarinda (ANTARA News) - Pertandingan prakualifikasi PON 2016 cabang olahraga bola tangan akan dilaksanakan di dua tempat yakni, Samarinda dan Balikpapan, Kalimantan Timur.

Ketua Pengprov Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Kaltim, Suryadi Gunawan di Samarinda, Selasa,mengatakan untuk nomor indor akan dihelat 24-27 November di gedung GOR Segiri, Samarinda dan untuk nomor outdoor akan di gelar di Balikpapan pada, 28-29 November.

"Cabang ini memang masih baru, dan masuk dalam cabang olahraga eksibishi di PON, namun antusias semua daerah cukup tinggi mengikuti babak Prakualifikasi," jelasnya.

Ia mengatakan pada babak kualifikasi PON, daerah yang terdaftar sebanyak 10 provinsi di Indonesia yaitu Kaltim, Kalsel, Kaltara, Sultra, Maluku, Jateng, DKI Jakarta, Sumsel, Jabar dan Banten.

Menurut Suryadi, agenda Pra-PON di Kaltim ini juga dijadikan sebagai ajang seleksi untuk mengikuti Asian Beach Game 2016 di Taiwan, sekaligus seleksi atlet pelatnas untuk Asian Games 2018.

"Jadi memang dalam Pra PON ada beberapa kegiatan yang dipersiapkan selain menuju PON, dalam membentuk tim Indonesia ke ajang Asia," jelasnya.

Selaku tuan rumah, Ia menargetkan tim Kaltim baik putra maupun putri bisa menembus babak final.

"Kesempatan menjadi tuan rumah paling tidak bisa menjadi motivasi atlet untuk mewujudkan prestasi terbaiknya," katanya.

Ketua KONI Kaltim, Zuhdi Yahya mengatakan bahwa KONI Kaltim tetap mendukung cabangbola tangan meski hanya sebatas cabang olahraga eksibishi pada PON 2016.

"Lebih baik kita persiapkan dari sekarang untuk PON 2020 mendatang, sehingga sudah Kaltim tidak kesulitan saat dalam mencari atlet karena pembinaannya sudah dilakukan mulai dari sekarang," tegas Zuhdy.

Pewarta: Arumanto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015