Ada empat kabupaten di Sulsel yang menjadi daerah pemantauan. Empat ini harus betul-betul dijaga dan diantisipasi sedini mungkin, mumpung masih ada waktu,"
Makassar (ANTARA News) - Kepala Kepolisian RI Jenderal Pol Badrodin Haiti memantau secara langsung perkembangan dinamika politik di Sulawesi Selatan khususnya empat kabupaten yang disebutnya sebagai daerah rawan konflik.

"Ada empat kabupaten di Sulsel yang menjadi daerah pemantauan. Empat ini harus betul-betul dijaga dan diantisipasi sedini mungkin, mumpung masih ada waktu," tegas Kapolri Jend Pol Badrodin Haiti di Makassar, Selasa.

Empat kabupaten yang disebutnya daerah rawan konflik di Pilkada sesuai pemetaan yang dilakukan oleh Mabes Polri antara lain Kabupaten Gowa, Soppeng, Toraja Uyara dan Luwu Utara.

Badrodin meminta kepada Kapolda Sulselbar Irjen Pol Pudji Hartanto Iskandar agar bisa mengantisipasi dan memantau langsung situasi keamanan dan ketertiban di empat daerah tersebut.

"Mumpung masih ada waktu, Pak Kapolda harus terus memantau perkembangan situasi keamanan dan ketertiban di masyarakat. Saya yakin, pilkada kali ini akan berlangsung aman," katanya.

Dalam Rapat Koordinas Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2015 Provinsi Sulawesi Selatan itu, Kapolri juga meminta kepada semua jajarannya untuk tetap membangun komunikasi yang intens dengan seluruh stakeholder masyarakat.

"Kalau ada masalah, rembukkan dan komunikasikan dengan semua stakeholder. Jangan mengambil keputusan sendiri, percayakan pada semuanya," terangnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel Muh Iqbal Latif menuturkan, pihaknya tidak ada pemetaan kerawanan saat pilkada nantinya.

"Saya tidak memetakan kerawanan pilkada. Semua daerah kami anggap rawan. Soal beberapa daerah yang dianggap rawan, itu menurut pengamatan polisi. Tapi kami rasa semua daerah rawan," tuturnya.

Rakorda Pilkada Serentak 2015 Provinsi Sulsel mengangkat tema, Melalui Rakorda ini kita mantapkan sinergitas dalam rangka mengsukseskan pelaksanaan Pilkada serentak 2015 Provinsi Sulsel.

Kegiatan itu dihadiri oleh Kapolda Sulselbar, Irjen Pol Pudji Hartanto, Kajati Sulselbar, Suhardi, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, para kapolres dan kapolsek serta para pejabat utama Polda Sulselbar.

Pewarta: Muh Hasanuddin
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015