Tahap pertama Postshop hasil sinergi tiga BUMN ini di Jakarta Barat dan akan dikembakan di sejumlah daerah,"
Bandung (ANTARA News) - Tiga perusahaan BUMN yakni Pos Indonesia, RNI dan Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) bersinergi mengembangkan layanan "Postshop" di sejumlah titik lokasi.

"Tahap pertama Postshop hasil sinergi tiga BUMN ini di Jakarta Barat dan akan dikembakan di sejumlah daerah," kata Manajer Public Relation Pos Indonesia Abu Sofian di Bandung, Selasa.

Abu menyuebutkan Postshop itu merupakan yang ke-43 dan menjadi POSTShop pertama yang dibangun dengan sinergi tiga BUMN itu.

Grand Opening POSTshop Jakartabarat Sukabumi Udik langsung dilakukan oleh Direktur Keuangan Poernomo, Dirut PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) Didik Prasetyo, Dirut PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) Dayu Padmara Rengganis, Rabu pekan lalu, yang ditandai dengan penandantanganan kerja sama.

Konsep POSTshop sinergi BUMN itu adalah konsep penjualan ritel yang berada diruang Kantor Pos dengan brand Postshop dengan menggabungkan layanan milik tiga Perusahaan BUMN yaitu PT Pos Indonesia dengan layanan jasa Pos, PT RNI menyediakan produk consumer good dan PT PPI menyediakan produk gula putih kristal.

"Postshop ini bagian komitmen bersama-sama melayani masyarakat dalam sebuah tempat bernama POSTshop dengan pengelola POSTShop adalah Pos Indonesia," kata Abu.

Namun tidak menutup kemungkinan kedepan, Postshop bisa dikelola oleh Mitra baik dari BUMN, BUMD, Koperasi, UMKM, perorangan dan lainnya.

Pada kegiatan itu dilaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Pos Indonesia dengan PPI tentang Sinergi Kemitraan Penjualan Gula Kristal Putih. Kerjasama ini merupakan tindaklanjut MoU kedua Perusahaan BUMN tersebut yang dilakukan pada 10 Oktober lalu.

PT Perusahaan Perdaganan Indonesia (Persero), sebagai representasi Pemerintah melakukan stabilisasi harga gula dan juga pemegang stok gula nasional untuk Gula Kristal Putih.

Postshop adalah inovasi bisnis Pos Indonesia yang menggabungkan layanan pos dengan layanan ritel modern. Bahkan di beberapa lokasi Kantor Pos buka hingga pukul 22.00 WIB. Masyarakat dapat sambil berbelanja kebutuhan sehari-hari layaknya ke toko, minimarket atau convenience store.

Selain itu masyarakat bisa mengirim paket sekaligus membayar berbagai seperti tagihan listrik, air atau cicilan motor, kartu kredit dsb.

"Di Bandung dan Denpasar bahkan POSTshop menjadi tempat nongkrong anak muda, sekaligus pebisnis online yang setiap malam bisa mengirimkan paket dagangannya," katanya.

Lebih lanjut Abu Sofian menyebutkan dalam mejalankan bisnis Postshop kerja sama dengan Mitra dilakukan dengan pola bagi hasil (revenue sharing), yaitu persentase hasil penjualan produk dan jasa dikurangi Ppn.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015