Jakarta (ANTARA News) - Zenit Saint Petersburg berhasil mengemas lima kemenangan tanpa kekalahan di fase grup H Liga Champions Eropa usai mengalahkan Valencia 2-0 di Stadion Petrovskiy Petersburg, Rusia, Rabu dini hari WIB.

Hasil ini membuat Zenit yang sudah lolos ke babak 16 besar mengemas 15 poin hasil lima kemenangan. Adapun Valencia kini tertahan di peringkat kedua dengan enam poin atau unggul dua poin dari peringkat ketiga Gent.

Gol kemenangan Zenit dibukukan Oleg Shatov memanfaatkan aksi Hulk yang menusuk dari sisi kiri kemudian memberikan bola kepada Artem Dzyuba yang meneruskan bola tersebut kepada Oleg Shatov yang langsung menceploskan bola ke gawang Valencia.

Zenit menggandakan keunggulan menjadi 2-0 melalui sontekan Artem Dzyuba yang memaksimalkan umpan matang kapten tim, Danny, dari lini tengah pada menit 76.

Valencia harus bermain dengan 10 orang setelah Ruben Vezo diusir wasit akibat menjatuhkan Oleg Shatov yang sedang melakukan serangan balik pada menit 80.

Valencia pun memiliki kesempatan untuk memperkecil ketertinggalan melalui tendangan bebas Andre Gomez menyusul pelanggaran Hulk pada menit 87, namun skor 2-0 kemenangan Zenit bertahan hingga laga usai.

Statistik UEFA mencatat Valencia unggul 53 berbanding 47 persen penguasaan bola. Namun Zenit lebih gencar menyerang dengan melepaskan 15 sepakan ke gawang sementara Valencia hanya sembilan tendangan.

Susunan pemain kedua tim dilansir dari situs resmi UEFA:

Zenit St Petersburg (4-2-3-1): Lodygin; Smolnikov, Garay, Lombaerts, Criscito; Neto, Witsel; Shatov, Danny, Hulk; Dzyuba
Cadangan: Kerzhakov, Zuev, Ryazantsev, Yusupov, Troyanov, Evseev, Dolgov

Valencia (4-3-3): Domenech; Cancelo, Vezo, Abdennour, Gaya; Perez, Parejo, Gomes; Feghouli, Alcacer, Mira
Cadangan: Ryan, Santos, Orban, Danilo, Javi Fuego, De Paul, Santi Mina

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015