Jakarta (ANTARA News) - Barcelona mendapatkan tiket ke babak 16 besar Liga Champions Eropa usai menggebuk AS Roma dengan skor telak 6-1 pada laga putaran kelima di Stadion Camp Nou, Rabu dini hari WIB.

Barcelona melaju dengan perolehan 13 poin, sementara AS Roma yang memiliki lima poin tertahan di peringkat kedua dengan satu pertandingan tersisa.

Pada jalannya laga, AS Roma sempat memiliki peluang melalui sundulan Edin Dzeko yang lolos dari perangkap offside pada menit 13.

Namun Barcelona berhasil membuka keunggulan ketikan Dani Alves yang lolos dari jebakan offside berhasil memberikan bola matang kepada Luis Suarez yang langsung menceploskan bola pada menit 15.

Tiga menit kemudian Luis Suarez menjadi aktor terciptanya gol kedua Barcelona yang dicetak Messi dari dalam kotak penalti AS Roma.

Luis Suarez membawa Barcelona menutup babak pertama dengan skor 3-0 lewat tendangan voli dari jarak 12 meter pada di menit 44.  

Tim Katalan menjauhkan skor menjadi 4-0 ketika Lionel Messi memberikan umpan pendek yang diselesaikan oleh Gerard Pique pada menit 56. Usai mencetak gol, Pique pun digantikan oleh Marc Bartra.

Messi menambah keunggulan timnya menjadi 5-0 lewat golnya yang memaksimalkan bola memanhtul hasil tendangan Luis Suarez pada menut 60.

Barcelona memperoleh hadiah penalti akibat pelanggaran Salih Ucan terhadap Neymar pada menit 77. Namun tendangan penalti Neymar berhasil ditepis kiper Roma kendati bola tersebut terlepas dan berhasil disontek Adriano untuk membawa Barcelona unggul 6-0.

AS Roma yang sudah tidak bersemangat mendapatkan hadiah penalti setelah Vermaelen menjatuhkan Dzeko di kotak terlarang. Namun eksekusi penalti Dzeko terlalu lemah sehangga mampu ditepis Ter Stegen.

Dzeko akhirnya berhasil mencatatkan namanya di papan skor sekaligus mencetak gol hiburan untuk AS Roma lewat sundulannya di ujung laga babak kedua, demikian UEFA.

Susunan pemain kedua tim dilansir dari Football Italia:

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Dani Alves, Piquè, Vermaelen, Jordi Alba; Sergi Roberto, Busquets, Rakitic; Messi, Suarez, Neymar
Cadangan : Bravo, Bartra, Adriano, Mathieu, Iniesta, Munir, Samper

Roma (4-3-3): Szczesny; Maicon, Manolas, Rudiger, Digne; Pjanic, Keita, Nainggolan; Florenzi, Dzeko, Iago Falque
Cadangan : De Sanctis, Castan, Torosidis, Vainqueur, De Rossi, Iturbe, Ucan

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015