London (ANTARA News) - Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Hamburg dukungan KJRI Hamburg menggelar acara pentas budaya "Gema Sounds of Indonesia," dalam upaya mempererat tali persaudaraan antarpelajar Indonesia di Jerman, bertempat di Rudolf Steiner Haus, Hamburg.

Gema Sound of Indonesia 2015 diisi berbagai penampilan kesenian mulai dari kesenian tradisional hingga modern melibatkan sekitar 100 orang pengisi acara, demikian Consul for Information and Social-Cultural Affairs Konjen Hamburg, Indri Rasad kepada Antara London, Rabu

Konsul Jenderal RI Hamburg, Ibu Sylvia Arifin membuka acara yang dalam sambutannya antara lain menyampaikan apresiasi kepada generasi muda Indonesia di Hamburg yang memiliki kepedulian terhadap Indonesia, melalui berbagai kegiatan kebudayaan dan kesenian.

Diharapkannya pentas budaya dapat dimanfaatkan oleh para generasi muda untuk belajar berorganisasi dan meningkatkan tali silaturahmi antar pelajar.

Acara diawali dengan penampilan tari Saman, pencak silat, permainan angklung, serta kompetisi band dan film pendek antar mahasiswa. Dalam kesempatan itu juga disampaikan sosialisasi lapor diri oleh Atase Imigrasi KBRI Berlin, Hermansyah Siregar.

Hadir sebagai bintang tamu sekaligus pengisi puncak acara, Teza Sumendra, penyanyi yang saat ini tengah naik daun dan namanya berkibar di kancah musik tanah air.

Selain penampilan kesenian tradisional dan modern, acara juga disemarakkan bazar makanan khas Indonesia dan barang kerajinan menyedot pengunjung lebih dari 400 orang, umumnya pelajar yang datang dari beberapa kota di Jerman.

Ketua PPI Hamburg, Ihsan Primawan Nugraha mengatakan hasil pendapatan yang terkumpul dari kegiatan tersebut akan disumbangkan kepada Yayasan Usaha Mandiri yang berkantor pusat di Jakarta.

Acara "Gema Sound of Indonesia" merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh PPI Hamburg sejak tahun 2013 dan sejak itu menjadi kegiatan rutin PPI Hamburg setiap tahun.

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015