Turin (ANTARA News) - Manchester City layaknya banteng terluka, siap melabrak dan siap meluapkan rasa gundah gulana dengan mengerahkan seluruh asa menggusr siapa pun lawan. The Citizens ingin membalas kekalahan 1-4 dari Liverpool di ajang pekan ke-13 Premier League pada Sabtu (21/11).

Pasukan Manchester biru sedang nanar kemudian bernazar, yakni mengalahkan siapa pun lawannya, Dan Juventus siap menjamu Manchester City dalam matchday 5 Liga Champions Grup D, yang digelar di Juventus Stadium, Torino, pada Rabu, Kamis dini hari, pukul 02.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Pelajaran dari kekalahan melawan Liverpool, salah satunya soal lini pertahanan Manchester City yang rapuh ditembus pemain-pemain depan lawan. Ini menjadi pekerjaan tidak kecil bagi pelatih The Citizens Manuel Pellegrini.

Situasi pertahanaan City makin rumit, ketika Vincent Kompany masih belum jelas apakah akan diturunkan melawan Juventus. Ia boleh jadi masih harus setia duduk di bangku cadangan Juventus Stadium.

Hanya saja, Pellegrini bisa lebih optimistis bertandang ke Turin lantaran Sergio Aguero telah pulih dari cedera dan siap turun ke lapangan. Peran dan kehadiran pemain ini dapat mendongkrak kepercayaan diri tim secara keseluruhan.

Pergerakan Aguero dapat saja merepotkan lini pertahanan Bianconeri. Hanya saja Juventus bukan tim semenjana. Tim asuhan pelatih Massimiliano Allegri ini belum pernah menelan kekalahan di perhelatan Liga Champpions. Di laga domestik, Juventus hanya sekali kalah dalam tujuh laga terakhir.

Komentar dua pelatih:

* Massimiliano Allegri (Juventus):

"Ini laga yang penting yang menentukan siapa tim yang pantas menghuni papan atas. Kami bertekad meraih kemenangan agar dapat lolos ke babak kualifikasi. Jika kami tidak meraih kemenangan, maka kami menoleh hasil laga dari Sevilla. Hanya saja kita lihat saja nanti laga yang berlangsung 95 menit. Kami melawan salah satu tim terkuat di Eropa."

"Tiga kemenangan beruntun di ajang loga domestik menunjukkan bahwa kami beroleh kemajuan. Kami merekrut sepuluh pemain bari di musim panas ini, dan anda memerlukan waktu agar mereka dapat beradaptasi. Normal saja bila kami kehilangan sedikit poin ketika bertanding di ajang liga domestik. Kami masih harus melawan Sevilla. Segala kemungkinan tetap terbuka."

* Manuel Pellegrini (Manchester City):

"Sangat penting lolos ke babak selanjutnya. Tahun ini penting bagi kami menjadi pemuncak grup. Laga besok merupakan laga percobaan untuk meraih kemenangan di hadapan publik stadion tamu. Meraih kemenangan di grup dan mengalahkan (Juventus) di sini, merupakan hal yang tidak mudah juga. Saya menganggap bahwa kami tidak beruntung ketika kalah 1-2 di laga pertama di stadion kami."

"Yang pertama dan yang utama, kami perlu tampil di Eropa, sama baik ketika kami melawan Sevilla (menang 3-1 di Spanyol dalam laga keempat). Kami tidak membiarkan mereka memperoleh kesempatan. Kami berharap dapat tampil sama baik ketika bertanding di Premier League, dengan menampilkan penguasaan bola dan membuka banyak peluang."

"Banyak orang melontarkan kritik terhadap penampilan kami di Liga Champions. Untuk itu, penting bagi kami meraih hasil positif. Yang paling sulit menghadapi laga besok, menghadapi para pemain Juventus yang memiliki kualitas. Mereka sangat kuat sebagai tim, dengan begitu mereka mampu lolos ke babak final di tahun lalu."  
 
Prakiraan susunan pemain:

* Juventus (4-3-1-2):

Buffon (penjaga gawang); Barzagli, Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner, Sturaro, Marchisio, Pogba, Alex Sandro; Dybala (Mandžukić), Morata.
Absen: Cáceres (cedera paha), Khedira (cedera paha), Hernanes (suspensi), Pereyra (cedera paha)
Diragukan tampil:: Evra (cedera bahu)

* Manchester City (4-2-3-1):
Hart (penjaga gawang); Sagna, Otamendi, Demichelis, Kolarov; Fernandinho, Fernando; Navas, Touré, Sterling; Agüero.
Absen: Bony (cedera hamstring), Nasri (cedera hamstring), Silva (cedera engkel), Kompany (cedera bahu), Mangala (?), Zabaleta (cedera lutut)

Data dan fakta: (Opta Facts)

* Juventus menang 2-1 di Mmanchester pada laga September lalu. Tiga gol yang dicetak tim Turin itu dilesakkan oleh gol bunuh diri Giorgio Chiellini, dua gol dari Mario Mandzukic dan Alvaro Morata.
* Juventus tidak terkalahkan dalam empat laga sebelumnya melawan Manchester City (dua kali menang, dua kali imbang). City hanya meraih sekali kemenangan melawan tim Turin pada Piala UEFA 1976/77 (menang 1-0 di leg pertama, 2-1 agregat bagi Juventus).
* Manchester City tidak pernah mencetak lebih dari satu gol melawan Juventus (dalam liga laga).
* Juventus tidak terkalahkan dalam 11 laga terakhir di ajang Liga Champions di Juventus Stadium (tujuh kali menang, empat kali imbang).
* Juventus juga mencapai clelan sheet di masing-masing laga dari dua laga kandang di seluruh kompetisi musim ini.
* Juventus hanya menderita sekali kalah dari 14 laga liga Champions (delapan kali menang, lima kali imbang). Kekalahan itu dialami Juventus ketika melawan Barcelona pada 2015.
* Juventus mendapat jumlah kartu merah lebih banyak dibandingkan dengan tim-tim lain di ajang Liga Champions (21 kartu merah sejak 1992/93).    
   
Lima laga terakhir:
(W:menang; D:imbang; L:kalah)

* Juventus: W W D W L


21/11/15 Juventus 1 - 0 AC Milan
8/11/15 Empoli 1 - 3 Juventus
3/11/15 Borussia VfL Mönchengladbach 1 - 1 Juventus
31/10/15 Juventus 2 - 1 Torino
28/10/15 US Sassuolo 1 - 0 Juventus

* Manchester City: L D W W W

21/11/15 Manchester City 1 - 4 Liverpool
8/11/15 Aston Villa 0 - 0 Manchester City
3/11/15 Sevilla 1 - 3 Manchester City
31/10/15 Manchester City 2 - 1 Norwich City
28/10/15 Manchester City 5 - 1 Crystal Palace

Head To Head:
 
15/9/15 Manchester City 1 - 2 Juventus
16/12/10 Juventus 1 - 1 Manchester City
30/9/10 Manchester City 1 - 1 Juventus

* Prediksi hasil laga (Goal.com):

Juventus 2 - 0 Manchester City (48 persen)
Juventus 0 - 0 Manchester City (22 persen)
Juventus 2 - 1 Manchester City (30 persen)

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:

* Juventus: 3
* Manchester City: 1


Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015