Jakarta (ANTARA News) - Aktor Rio Dewanto meraih penghargaan sebagai penggiat pangan lokal saat Konvensi Kopi, Teh dan Coklat Indonesia 2015 di SMESCO, Jakarta, Selasa (24/11).

Sejak memerankan tokoh Jody dalam film "Filosofi Kopi" karya Angga Dwimas Sasongko, Rio semakin mencintai kopi, khususnya kopi Indonesia.

"Penghargaan ini mendorong saya untuk kian berkontribusi kepada masyarakat, terutama dalam hal peningkatan kesejahteraan para petani kopi," kata Rio dalam siaran pers, Rabu.

Rio, yang pernah beberapa kali berkunjung ke perkebunan kopi di Indonesia, mengatakan negeri ini punya potensi besar untuk mengembangkan kopi.

Dia juga berpendapat masih banyak permasalahan yang dihadapi petani kopi Indonesia, seperti kurangnya regenerasi karena banyak anak petani kopi yang enggan meneruskan profesi orangtuanya.

"Tetapi saya masih optimis dengan potensi industri perkebunan kita dan saya ingin mendorong petani kopi Indonesia untuk menjadi tuan rumah di negeri sendiri," tutur Rio.

Selain Rio Dewanto, ada Tedja Wahyu, Tazbir, A. Syafrudin dan Coklat Bombana yang mendapat penghargaan dalam acara yang didukung oleh Kementerian Pariwisata, Kementerian Pertanian dan Kementerian Perindustrian tersebut.


Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015