Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memutuskan lokasi penutupan Asian Games 2018 di Stadion Jakabaring, Palembang, Sumsel, meski sebelumnya harus mendapatkan persetujuan dari Dewan Olimpiade Asia atau OCA.

"Pembukaan clear di Jakarta. Untuk penutupan direncanakan di Palembang," kata Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S Dewa Broto usai pertemuan dengan KOI di Kantor Kemenpora Jakarta, Rabu.

Menurut dia, ada beberapa pertimbangan sehingga pemerintah memilih Palembang sebagai lokasi penutupan kejuaraan empat tahunan itu di antaranya adalah untuk menegaskan jika tuan rumah Asian Games 2018 tidak hanya Jakarta.

"Yang jelas kami akan terus komunikasi dengan OCA untuk masalah ini. Apalagi pada akhir bulan ini juga akan pertemuan dengan mereka," katanya menambahkan.

Dengan menetapkan lokasi penutupan di Palembang, kata dia, jelas akan ada perubahan-perubahan termasuk jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan di kota yang terkenal dengan pempeknya itu. Hanya saja pihak Kemenpora belum menjelaskan dengan detail alokasinya.

"Hingga saat ini pembagiannya masih 29 Jakarta dan 11 Palembang. Untuk peluang perubahan memang ada," kata pria yang juga Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora itu.

Gatot menjelaskan, dalam pertemuan dengan KOI selain dibahas soal pembukaan dan penutupan juga proses dari rencana induk Asian Games 2018 yang merupakan turunan dari Keppres Asian Games. Untuk rencana induk dipastikan sudah tuntas.

Sementara itu Ketua KOI Erick Thohir usai pertemuan mengatakan, respon pemerintah terhadap rencana induk yang dibuat cukup baik. Pihaknya berharap rencana induk tersebut segera dilaporkan ke presiden agar semua program yang ada secepatnya direalisasikan.

Terkait dengan pembukaan dan penutupan, pihak KOI tidak bicara banyak. Erick menegaskan jika hal tersebut adalah domain pemerintah. Pihaknya hanya mengurus masalah teknis termasuk jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

"Kami tadi mengusulkan Palembang mendapatkan jatah 15 cabang olahraga. Sedangkan Jakarta 27 cabang. Namun, semuanya juga harus mendapatkan persetujuan dari OCA," katanya.

Dengan adanya titik terang terutama lokasi pembukaan dan penutupan pihaknya berharap gaung Asian Games 2018 segera menggema karena kejuaraan ini adalah hajatan seluruh masyarakat Indonesia bukan hanya Jakarta dan Palembang.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015