Jakarta (ANTARA News) - Aktris peraih FFI 2015, Tara Basro dan sutradara Garin Nugroho, terpilih menjadi Duta Festival Sinema Perancis 2015.

Direktur Institut Francais Indonesia, Marc Piton, di Jakarta, Rabu, menyatakan, Garin Nugroho menjadi penghubung industri film Indonesia dan Prancis sejak filmnya Daun Di Atas Bantal terpilih untuk kategori Un Certain Regard, di Festival Film Cannes 1998.

"Garin sudah sejak lama menghubungkan industri film Indonesia dan Prancis," kata Piton.

Koordinator Festival Sinema Prancis 2015 dan Penanggung Jawab Kerja sama Audiovisual IFI-Kedutaan Besar Prancis di Jakarta, Arnaud Miquel, menjelaskan Tara Basro dipilih karena penampilannya yang luar biasa di film A Copy Of My Mind, dan berhasil meraih Penghargaan Citra kategori Aktris Wanita Terbaik.

"Sebenarnya saya sudah terkesan oleh Tara Basro sejak penampilannya di film karya Ismail Basbeth berjudul Another Trip To The Moon," kata dia.

Tara Basro senang bisa menjadi Duta Festival Sinema Prancis, karena, menurut dia,festival tersebut membuat penonton Indonesia mempunyai banyak pilihan.

"Penonton Indonesia dapat melihat film lain selain film Hollywood, dan tentunya film Prancis tidak kalah bagus," kata dia.

Film Prancis kesukaan Tara adalah The Belle and The Butterfly, dia berharap sineas Indonesia bisa lebih bebas berekspresi dalam membuat cerita.

Pewarta: Aubrey Fanani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015