...karena bila sejak awal kita mendeteksi gejala kanker rahim ini, penyembuhannya sangat sederhana, tidak memakan waktu, tidak menimbulkan rasa sakit, dan gratis."
Mataram (ANTARA News) - Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Nusa Tenggara Barat Hj Erica Zainul Majdi bersilaturahmi ke Kabupaten Dompu guna mensosialisasikan dan deteksi dini kanker serviks kepada masyarakat di daerah itu.

Kegiatan silaturahmi di Kabupaten Dompu itu, sebagai rangkaian acara sosialisasi dan deteksi dini kanker serviks dengan "IVA" dan pemberian pelayanan KB yang digelar di halaman kantor Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, Rabu.

Penjabat Bupati Dompu Agus Patria memberikan penghargaan dan terimakasih atas kehadiran Ketua TP PKK beserta anggota di Dompu untuk melihat kondisi kesehatan masyarakat khususnya kesehatan ibu dan anak sebagai bentuk hubungan silaturahmi yang baik antara Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Kabupaten Dompu.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, semoga acara sosialisasi seperti itu terus berlanjut," katanya.

Sementara, Ketua TP PKK Provinsi NTB, Hj Erica Zainul Majdi mengapresiasi terselenggaranya acara tersebut. Bahkan, ia berpesan kepada TP PKK beserta kadernya agar terus memberikan pelayanan tes deteksi dini kanker rahim.

"Saya harap ibu-ibu disini yang sehari-hari melayani masyarakat bisa terus mensosialisasikan deteksi dini ini, karena bila sejak awal kita mendeteksi gejala kanker rahim ini, penyembuhannya sangat sederhana, tidak memakan waktu, tidak menimbulkan rasa sakit, dan gratis," ujarnya.

Lebih lanjut, istri Gubernur NTB ini, meminta agar para kader di Kabupaten Dompu tidak bosan mengajak masyarakat untuk ber-KB, membina masyarakat melalui bina keluarga wanita, remaja dan lansia.

Sehingga, diharapkan dengan berkembangnya kegiatan bina keluarga ini bisa melahirkan dan mendidik anak-anak sebaik mungkin untuk menciptakan sumber daya manusia yg berkualitas guna mendukung program pemerintah "Generasi Emas NTB 2025".

Seusai acara, Erica beserta rombongan melihat langsung jalannya pemeriksaan deteksi dini kanker rahim pada wanita di Kabupaten Dompu, pelayanan posyandu terpadu pada bayi dan balita untuk berinteraksi langsung dengan tim kesehatan dan masyarakat setempat.

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015