Manado (ANTARA News) - Argentina membeli komoditas cengkih asal Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dengan harga jauh lebih mahak ketimbang di sentra perdagangan Kota Manado dan sekitarnya.

"Argentina menghargai cengkih Sulut dengan harga dikisara Rp130 ribu per kilogram, sedangkan pasar lokal hanya membeli dengan harga Rp119 ribu per kilogram," kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut T Hasudungan Siregar di Manado, Kamis.

Dia mengatakan cengkih yang diekspor ke Argentina belum lama ini sebanyak 500 kg dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sekitar 5.000 dolar Amerika Serikat (AS).

"Semakin banyak pasar luar negeri yang meminati komoditas cengkih Sulut, maka harga pasti akan bervariasi dan tidak dimonopoli oleh pasar tertentu," katanya.

Argentina, katanya, merupakan pasar yang sangat potensial untuk mengekspor berbagai produk unggulan Sulut.

"Oleh karena itu, petani dan pengekspor dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin, karena mampu meningkatkan pendapatan," katanya.

Dia menjelaskan petani juga tidak perlu khawatir karena komoditas cengkih bukan hanya dijual di pasar domestik juga bisa menembus mancanegara.

Jadi, diharapkan petani jangan serta-merta langsung melepas komoditas dipasaran lokal, karena ada begitu banyak permintaan dari mancanegara.

Pemerintah, katanya, akan terus mencari terobosan dan pasar baru sehingga komoditas ekspor Sulut makin merambah di seluruh dunia.


Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015