Depok (ANTARA News) - Universitas Indonesia (UI) meraih dua gelar juara dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2015, yaitu dalam bidang teori Biologi dan Fisika.

Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) Intan Ahmad dalam sambutannya pada acara pengumuman pemenang OSN Pertamina di kampus UI Depok, Kamis, mengatakan ketatnya seleksi dalam ajang ini menandakan tingginya kualitas ajang bergengsi tersebut.

Juara pertama kategori teori Biologi diraih oleh Yudisthira Oktaviandie dan dalam bidang teori Fisika diraih oleh Jason Kristiano.

Sedangkan bidang teori kimia juara pertama diraih oleh Ivone Marselina Nugraha dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan bidang Matematika juara pertama diraih oleh Jefferson Caesario dari Universitas Airlangga (Unair).

Kategori Proyek Sains juara pertama diraih oleh Universitas Surabaya dengan ketua tim Yoanes Maria, disusul Universitas Brawijaya dengan ketua tim Ahmad Dianal, dan Universitas Indonesia dengan ketua tim Rana Bouzida.

Intan Ahmad berharap OSN Pertamina bisa menjadi tolok ukur kreativitas mahasiswa bidang sains dan teknologi. Mahasiswa juga diharapkan tidak hanya pandai secara akademik, namun juga bisa memahami persoalan Indonesia.

"Di negara mana pun jika negara sejahtera maka universitasnya bagus-bagus dan berprestasi," katanya.

Corporate Secretary PT Pertamina (Persero) Wisnuntoro mengatakan pada 2025, sekitar 25 persen dari penggunaan energi akan menggunakan Energi Baru Terbarukan.

"Melalui science project kami berusaha meningkatkan minat dan kemampuan mahasiswa bidang tersebut sejak dini," katanya.

Wakil Rektor UI bidang akademik dan kemahasiswaan Bambang Wibawarta berharap kegiatan tersebut dapat ditingkatkan terus dari tahun ke tahun, sehingga para mahasiswa dapat mengembangkan minat dan bakatnya.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015