Seluruh kontingen dari Asian Games tersebut kita akan arahkan untuk mengunjungi 10 daerah destinasi terbaik Indonesia, termasuk Wakatobi
Wangiwangi, Sultra (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani berjanji akan mengarahkan sebagian atlet peserta Asian Games 2018 ke Wakatobi menikmati keindahan alam dan kearifan budaya lokal masyarakat di kawasan destinasi wisata Indonesia itu.

"Jumlah atlet yang akan menjadi peserta ajang olahrga terakbar di Asia, Asian Games, kurang lebih 15.000 orang. Seluruh kontingen dari Asian Games tersebut kita akan arahkan untuk mengunjungi 10 daerah destinasi terbaik Indonesia, termasuk Wakatobi," kata Puan di depan ribuan masyarakat Wakatobi yang menyaksikan Wakatobi Wonderful Festival and Expo (Wakatobi Wave) 2015 di Wangiwangi kemarin.

Oleh karena itu kata Puan, mulai sekarang Pemerintah dan bersama masyarakat Wakatobi sudah harus mempersiapkan diri menyambut kedatangan tamu-tamu dari negara-negara Asia tersebut.

"Restoran-restoran yang menyajikan kuliner khas Wakatobi sudah harus dipersiapkan mulai sekarang, karena hal itu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan," katanya.

Demikian pula dengan hotel tempat para tamu atau wisatawan menginap, ujarnya, harus dibuat lebih representatif sehingga bisa memberi rasa nyaman bagi setiap tamu hotel.

"Jangan sia-siakan kesempatan ini. Tangkap kedatangan para atlet kontingen Asian Games sebagai peluang untuk lebih mempopulerkan Wakatobi ke mancanegara, terutama di negara-negara Asia," katanya.

Jika kontingen Asian Games yang ke Wakatobi bisa mencapai sebanyak 5.000 orang katanya, maka pendapatan yang akan didapat masyarakat Wakatobi dari usaha restoran dan sewa hotel cukup besar, bisa mencapai puluhan miliar.

"Kalau setiap orang membelanjakan uangnya sebesar Rp1 juta saja, maka uang yang jatuh ke masyarakat Wakatobi dengan 5.000 pengunjung mencapai Rp5 miliar per hari," katanya.

Tentu ujarnya, jika kontingen Asian Games bisa tinggal dua atau tiga hari, maka pendapatan yang bisa didapat masyarakat Wakatobi akan jauh lebih besar lagi.

"Artinya, kesejahteraan masyarakat di daerah tujuan wisata dunia ini akan semakin membaik dan membaik dari tahun ke tahun," katanya.

Pewarta: Agus
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015