Palu (ANTARA News) - Empat kabupaten dan satu kota di Sulawesi Tengah (Sulteng) berencana menggelar atraksi wisata khusus untuk menyambut wisatawan domestik dan mancanegara yang ingin mengamati gerhana matahari total pada Maret 2016.

"Ada empat kabupaten dan Kota Palu akan yang menjadi titik pengamatan gerhana, semuanya sedang menyiapkan berbagai atraksi seni, budaya, dan promosi kepariwisataan," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah Siti Norma Mardjanu, Jumat.

Kota Palu serta Kabupaten Banggai, Sigi, Poso, dan Tojo Unauna akan menggelar acara seni dan budaya untuk memperkenalkan potensi wisata mereka.

"Semua daerah akan mengangkat potensi kearifan lokal wilayahnya masing-masing," ujarnya.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Tengah juga berencana menggelar panggung budaya dan hiburan di Sigi dan Palu saat gerhana matahari.

Menurut Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Tengah sudah ada 3.000-an wisatawan mancanegara yang sudah memesan penginapan untuk menyaksikan gerhana matahari total pada 9 Maret 2016.

Gerhana matahari total 9 Maret 2016 akan bisa diamati selama sekitar tiga menit pada pukul 07.00 waktu setempat dari 12 kota di sepuluh provinsi di Indonesia, termasuk Palu, Poso, Luwuk, Halmahera, Tidore, Ternate, Sampit, Balikpapan, Palangkaraya, Belitung, Bangka dan Palembang.

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015