Jakarta (ANTARA News) - Masjid Istiqlal mengirim tim marching band remaja pada Thailand World Music Championship di Buriram, Thailand. Gelaran lomba marching band ini akan  berlangsung dari tanggal 30 November sampai 5 Desember 2015.

Tim Marching Band Remaja  Masjid Istiqlal dilepas oleh Sesditjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin yang mewakili Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Jumat (27/11).

Menurut laman kemenag.go.id, mereka akan bertolak ke Thailand pada Sabtu (28/11) besok.

"Masjid di seluruh pelosok negeri ini harus menjadi pusat pembinaan generasi muda dalam berbagai bidang. Tentu saja dengan nilai-nilai Islam yang memancarkan tauhid, ukhuwwah, kemajuan, kedamaian, keadaban, dan rahmatan lil’alamin," kata  Muhammadiyah Amin pada acara pelepasan yang dilakukan seusai shalat Jumat di Masjid Istiqlal.

Kegiatan ini membuktikan bahwa usaha memakmurkan masjid memiliki dimensi dan lingkup yang luas.

Marching Band Remaja Istiqlal yang berdiri pada 8 Mei 1982  di bawah naungan Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI) ini menjadi salah satu sarana untuk mendekatkan generasi muda dengan masjid. Selain itu juga menjadi sarana beraktivitas positif dan tidak menyalahi nilai-nilai Islam.

Menurut Muhammadiyah Amin, kegiatan marching band sangat bermanfaat bagi remaja masjid dalam rangka membentuk sikap disiplin, memupuk kebersamaan, melatih tanggung jawab, sportifitas, dan mengembangkan kreatifitas seni mereka.

"Ini menjadi sangat strategis, karena dikembangkan oleh Masjid Istiqlal sebagai salah satu etalase umat Islam di Indonesia," ujar mantan Rektor IAIN Gorontalo ini.

Sementara itu, Ketua BPPMI Mubarak mengatakan, keikutsertaan dalam lomba marching band di Thailand menjadi bagian dari upaya pembinaan Remaja Masjid Istiqlal sekaligus memupuk pengalaman di dunia internasional.

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015