Jakarta (ANTARA News) - Aksi global untuk keadilan iklim 2015 jelang pelaksanaan Conference of Parties (COP) ke-21 UNFCCC di Jakarta terfokus di Bundaran Hotel Indonesia (HI) pada 29 November 2015.

"Ini gerakan serentak global dan 28 kantor Walhi di Indonesia juga akan melaksanakannya bersamaan. Aksi global untuk keadilan iklim 2015 ini untuk menyikapi kondisi iklim dunia kritis dan butuh perhatian semua," kata Manager Kampanye Walhi Edo Rahkman dalam jumpa pers Global Action Day 2015 for Climate Justice di Jakarta, Jumat.

Aksi global untuk keadilan iklim 2015 di berbagai negara dunia, ia mengatakan akan dilaksanakan serentak dengan melakukan aksi "longmarch" pada 28--29 November 2015. Namun di Jakarta, aksi tersebut akan dilaksanakan pada 29 November 2015 bersamaan dengan pelaksanaan "car free day".

Edo mengatakan sekitar 30 lembaga bergabung untuk melaksanakan aksi global tersebut. Selain "longmarch", aksi global di Jakarta juga akan diisi dengan flasmob, teatrikal, dialog interaktif dengan pengunjung.

"Melani (Subono) juga akan perform nanti. Dan Walhi akan menempatkan Pohon Iklim, di mana masyarakat bisa menuliskan janjinya melakukan aksi penyelamatan bumi melawan perubahan iklim," ujar dia.

Koordinator kampanye Save the Children--Yayasan Sayangi Tunas Cilik Henda Gandamana mengatakan Aksi Global untuk Keadilan Iklim atau disebut Aksi/2015 ini diikuti hampir 200 negara di dunia.

"Di Indonesia, aksi ini diinisiasi oleh organisasi yang bergerak pada isu anak. Ada pemikiran jika SDGs berhasil namun bumi hancur juga percuma, karena itu aksi global untuk keadilan iklim ini menjadi penting," ujar dia.

Seruan kepada mereka yang akan berunding terkait masa depan iklim di COP 21 yang digelar di Paris, Prancis, 30 November hingga 11 Desember 2015 melalui Aksi Global untuk Keadilan Iklim menjadi sangat penting. Apa yang akan disepakati di Paris akan menentukan masa depan bumi dan masa depan umat manusia.

Aksi Global untuk Keadilan Iklim 2015 di Jakarta akan diikuti oleh Walhi, Aksi/2015, Global Catholic Climate Movement (GCMM), Gerakan Lingkungan Hidup Umat Katolik Indonesia (Gelukhi), Walhi Jakarta, Goodlife Community, Global Call to Action Against Poverty (GCAP), Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), Koalisi untuk Hutan dan Hukum Global, ForBali Jakarta, SALUD, Aikon, Komunitas Energi Terbarukan, KPBB, Rimbawan Muda Indonesia (RMI).

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015