Jadi yang penting nanti hasilnya (COP 21) dilaksanakan, karena kalau bumi sudah terlanjur rusak dampaknya tidak saja ke alam, tapi ke manusia yang hidup di dalamnya
Jakarta (ANTARA News) - Penyanyi dan penulis lagu Melanie Subono menganggap perubahan iklim sebagai isu seksi yang tidak dipahami banyak orang.

"Ini (perubahan iklim) isu seksi yang tidak semua (orang) bisa paham. Dengan cara cerdas seharusnya masyarakat awam juga bisa membuat upaya menekan kenaikkan suhu bumi tercapai," kata Melani di Jakarta, Sabtu.

Wanita kelahiran Hamburg, Jerman, 39 tahun lalu ini mengatakan bukti bahwa isu perubahan iklim seksi bisa dilihat dari banyaknya kepentingan yang bermain di dalamnya. 

Baca : Presiden sebut KTT Iklim penting bagi Indonesia

"Tapi saya sadar ini tanggung jawab semua. Dan kalau (kondisi bumi) enggak dibernahi sekarang, Indonesia selesai," ujar Melani tegas.

Putri dari promotor musik Adrie Subono ini mengaku sangat mencintai Indonesia, karenanya ingin bisa hidup sehat di Tanah Air. Namun, keinginan itu tidak akan tercapai jika masyarakat yang hidup di Indonesia tidak mau merawatnya.

"Itu hak kita loh untuk bisa hidup sehat di Indonesia. Karena itu jadi kewajiban semua untuk menjaganya," ujar Melanie.

Ia berharap delegasi Indonesia yang berangkat ke Konferensi Tingkat Tinggi Perubahan Iklim (Conference of Parties) 21 tidak hanya sekedar hadir, tapi bisa membawa hasil ke Tanah Air. 

Baca : INDC, bekal Indonesia hadapi perubahan iklim

"Dan yang paling penting itu (hasil dari COP 21) dikerjakan atau diimplementasikan".

Menurut dia, Indonesia bisa bagus dan cantik jika lingkungannya benar-benar dijaga.

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015