Jakarta (ANTARA News) - Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta kini memiliki sebuah taman baca apung yang terletak di dalam kompleks Taman Ayodya, Jakarta Selatan.

"Fasilitas ini dihadirkan agar masyarakat lebih senang dan menjadi sering datang ke taman," ujar Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman Ratna Diah Kurniati di Taman Ayodya, Jakarta, Sabtu.

Inovasi tersebut, kata dia, juga bertujuan membuat para pengunjung dapat bersantai sekaligus menambah ilmu ketika mendatangi kawasan bermain itu.

"Perpustakaan kecil ini akan dibuka untuk pengunjung dari pagi sampai sore, dan gratis," ujarnya.

Namun, menurut Ratna, sejumlah petugas akan dihadirkan untuk tetap menjaga ketertiban.

Ia menjelaskan Taman baca hasil kerja sama dengan Suar Artspace, Ikatan Arsitek Indonesia, Holcim, Kelas Pagi Jakarta, dan Airmas Asri.

"Rencananya (taman baca apung) sudah dapat digunakan pengunjung dua minggu lagi," kata Diah.

Sementara itu, Koordinator Ikatan Arsitektur Indonesia Jakarta (IAIJ) Theresia Asri Purnomo menuturkan kelak setelah beroperasi warga dapat ikut menyumbangkan buku bacaan di taman baca apung tersebut.

"Di sini, masyarakat boleh ikut mendonasikan buku, boleh juga ada barter, jadi kalau ada buku yang disuka, itu bisa ditukar dengan buku yang ada di sana," kata Ketua Jakarta Architecture Triennale 2015 itu.

Instalasi ruang berbentuk segitiga di pinggir kolam Taman Ayodya itu juga diharapkan dapat menjadi alternatif hiburan warga Jakarta pada akhir pekan, selain mengunjungi pusat perbelanjaan.

"Kita harapkan nantinya, taman bukan menjadi tempat yang asing lagi untuk bermain bagi masyarakat," ujar Theresia.

Pewarta: Agita Tarigan
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015