Jakarta (ANTARA News) - Ganda putra Rian Agung Saputro/Berry Angriawan maju ke final Makau Terbuka 2015 setelah mengalahkan pasangan Taiwan Chen Hung Ling/Wang Chi-Lin 21-16, 21-18 dalam waktu 30 menit pada babak semifinal.

"Kami memaksa lawan agar tidak mengembangkan permainan mereka. Pasangan Taiwan itu suka dengan permainan cepat dan kencang. Kami mengajak mereka bermain dengan tempo yang lebih lambat dan itu menyulitkan mereka," kata Rian dalam siaran pers PBSI, malam ini.

Ganda putra Indonesia itu terus berjuang mencari angka pada awal game pertama hingga skor 13-13. Setelah unggul 15-13, Rian/Berry terus melaju hingga menang 21-16.

Pada game kedua, pasangan Merah-Putih itu sempat tertinggal tetapi mengejar 13-12, 16-13, 19-15, hingga menang 21-18.

"Kami belajar dari penampilan kami sebelumnya. Kami sering kalah untuk memulai menyerang. Sekarang kami bermain lebih sabar dan tidak ingin berada dalam tekanan lawan. Kami lebih menikmati permainan dan mengandalkan no lob dan drive," kata Berry.

Pada final esok Minggu, Rian/Berry akan menghadapi unggulan dua asal Korea Selatan Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol.

"Besok adalah pertandingan final tingkat grand prix gold pertama buat kami. Kami tidak ingin terbebani dan berusaha bermain bagus. Tapi, lawan adalah juara dunia dan punya pertahanan yang rapat. Kami harus mewaspadai itu. Peluang kami 50-50," kata Berry tentang pertandingan final turnamen berhadiah total 120 ribu dolar AS itu.

Dua wakil lain Indonesia tumbang pada semifinal yaitu pasangan campuran Ronald Alexander/Melati Daeva Oktavianti dan atlet tunggal putra Ihsan Maulana Mustofa.

Ronald/Melati kalah dari pasangan Korea Selatan Choi Solgyu/Eom Hye Won 19-21, 19-21, sedangkan Ihsan disisihkan unggulan dua asal Tiongkok Tian Houwei 18-21, 17-21.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015