Barcelona (ANTARA News) - Dua gol Neymar, sepakan voli spektakuler dari Luis Suarez, dan satu gol untuk Lionel Messi membuat Barcelona menang 4-0 atas Real Sociedad pada Sabtu dan memperbesar keunggulan mereka di puncak klasemen Liga Spanyol menjadi tujuh angka.

Neymar mencetak gol dari umpan silang Dani Alves pada menit ke-22, dan Alves kembali menjadi pengumpan untuk Suarez yang penyelesaian akrobatiknya menaklukkan kiper Real Geronimo Rulli sebelum turun minum untuk membuat ia telah mengoleksi 11 gol dari tujuh pertandingan.

Pencetak gol terbanyak Liga Spanyol Neymar mencatatkan gol ke-14nya musim ini ketika ia menyelesaikan umpan silang Jeremy Mathieu pada menit ke-53, dan pada fase akhir pertandingan ia memberi operan kepada Messi untuk mencetak gol dari jarak dekat.

Barca memiliki 33 angka dari 13 pertandingan, sedangkan Atletico Madrid, yang akan menghadapi Espanyol pada Sabtu malam memiliki 26 angka. Real Madrid, yang takluk 0-4 dari Barca pada akhir pekan silam dan kini tertinggal sembilan angka, akan menghadapi Eibar pada Minggu.

Secara total trio penyerang Barca yakni Messi, Neymar, dan Suarez telah mencatatkan 125 gol di semua kompetisi dalam satu tahun kalender.

"Di antara mereka, mereka melihat satu sama lain sepanjang waktu dan tujuan bagi mereka adalah kegembiraan yang terjadi ketika mereka mencetak gol," kata Alves kepada para pewarta.

Suarez berpeluang membawa Barca memimpin pada menit ketiga ketika ia melaju ke gawang namun Rulli mampu memblok tembakannya, dan kiper Real itu kembali mendapat peringatan untuk merebut bola dari kaki Neymar, yang berusaha mengecohnya.

Andres Iniesta nyaris mencetak gol melalui tandukan kepala dari umpan silang Suarez, namun bola membentur tiang kiri gawang.

Pelatih Real Eusebio, yang menggantikan David Moyes pada awal bulan ini, memenangi pertandingan pertamanya sebagai arsitek tim itu saat melawan Sevilla. Namun meski ia memiliki pengetahuan seputar Barcelona sebagai mantan pemain, asisten, dan pelatih tim junior, ia tidak mampu mencegah Real menelan kekalahan ke-19 secara beruntun di Camp Nou.

Alves mengirim umpan silang kepada Neymar untuk memasukkan bola ke bagian atas gawang dengan kaki kirinya, dan dengan Barca terus menekan, Alves yang mendapat operan dari Iniesta mengirim umpan silang untuk dikonversi Suarez menjadi gol melalui sepakan voli.

Dengan Barca yang menguasai permainan dan pertahanan Real telah terpecah, Neymar menyarangkan gol keduanya sebelum Messi mencetak gol pada masa-masa akhir pertandingan, setelah sebelumnya sepakannya mengenai mistar gawang beberapa menit sebelumnya.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015