Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo bertolak ke Paris, Perancis, untuk menghadiri KTT Perubahan Iklim, dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta hari ini pukul 09.00 WIB.

Menlu Retno Marsudi mengatakan Presiden Joko Widodo akan menyampaikan pandangan Indonesia dalam proses negosiasi perubahan iklim di Paris awal pekan depan.

Kepada wartawan di Istana Presiden Jakarta, Jumat, Retno mengatakan Jokowi akan bersama 147 pemimpin lainnya menyampaikan sejumlah pandangan mengenai berbagai isu perubahan iklim, termasuk menjelaskan posisi Indonesia.

"Presiden tentunya akan menyampaikan statement Indonesia selama kurang lebih tiga sampai lima menit. Dan dalam statement itu tentunya kita menyampaikan beberapa hal. Pertama adalah pemberian political support (dukungan politik) terhadap suksesnya negoisasi tersebut," kata Retno.

Jokowi juga menjelaskan posisi strategis Indonesia karena Indonesia adalah salah satu negara pemilik hutan terbesar tetapi secara geografis rentan terhadap perubahan iklim.

"Sebagai negara berkembang kita juga masih memerlukan ruangan yang cukup untuk melakukan pembangunan ekonomi," sambung Retno seraya mengataikan Indonesia juga sudah menyampaikan komitmen mengenai pengurangan emisi.

Menurut Mensesneg Pratikno, selain menghadiri KTT Perubahan Iklim, Presiden juga akan bertemu secara bilateral dengan sejumlah pemimpin negara lainnya.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015