Pangkalpinang (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengeluarkan peringatan dini potensi terjadinya gelombang tinggi, pada Senin (30/11).

"Ketinggian gelombang akan terjadi di perairan Utara Bangka dan Selat Karimata bagian utara yang berpotensi mencapai 2,5 meter," kata Staf Koordinator Unit Analisis Kantor BMKG Pangkalpinang, Nur Setiawan di Pangkalpinang, Minggu.

Sementara itu, lanjutnya, tinggi gelombang di perairan Selat Gelasa 2 meter, di Selat Bangka dan Selatan Bangka masing-masing berkisar 1,3 meter.

"Naiknya gelombang di perairan Babel ini dipicu angin kencang dengan kecepatan rata-rata 15-33 kilometer per jam yang bertiup dari Barat ke Utara," ujarnya.

Ia mengimbau nelayan, pengguna jasa transportasi laut serta pengunjung pantai agar mewaspadai ketinggian gelombang tersebut sehingga dapat terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

"Diharapkan tetap waspada bagi nelayan serta angkutan laut lainnya yang memaksakan berlayar hendaknya mereka membawa perlengkapan keselamatan yang memadai dan sebisa mungkin hindari berlayar sekitar perairan itu ," ujarnya.

Ia menjelaskan, tinggi pasang air laut maksimum di perairan Sungailiat, Kabupaten Bangka 2,42 meter, di Membalong, Kabupaten Belitung 2,39 meter, di Toboali, Kabupaten Bangka Selatan 2,01 meter, di Mentok, Kabupaten Bangka Barat 1,90 meter.

Kemudian di Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur berkisar 1,81 meter, di Belinyu, Kabupaten Bangka 1,76 meter, dan di Tanjungpandan, Kabupaten Belitung 1,67 meter.

Ia mengatakan, seluruh daratan di Babel belum berpotensi hujan ringan hingga sedang dengan kecepatan angin berkisar 6-18 kilometer per jam yang bertiup dari Barat Daya ke Barat Lau

"Tiga daratan berpotensi hujan ringan hingga sedang yaitu Kabupaten Bangka Barat, Belitung dan Belitung Timur, empat daratan berpotensi hujan ringan yaitu Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Kota Pangkalpinang," ujarnya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015