Jakarta (ANTARA News) - Microsoft telah menghadirkan asisten pribadi virtual-nya, Cortana, untuk pengguna Android dan awal bulan ini, Microsoft juga dikabarkan sedang mencari Windows Insiders yang bersedia menguji coba Cortana untuk iOS.

Kini, pengujian Cortana untuk iOS tengah berlangsung dan Cortana untuk iOS tersedia untuk didownload.

Versi beta dari Cortana untuk iOS menawarkan respon suara untuk sejumlah pertanyaan di antaranya skor olahraga, harga saham, pengingat, alarm, pelacakan paket dan masih banyak lagi.

Seperti Siri, Cortana dinilai memiliki "kepribadian" dibanding Google Now yang mampu menceritakan lelucon dan menyanyikan lagu-lagu.

Versi Beta disebar menggunakan TestFlight Apple yang terbatas untuk 2.000 pengguna. Survei sebelumnya yang dilakukan Microsoft hanya menghubungkan penggun iPhone dengan PC bertenaga Windows dengan melihat cara kerja Cortana PC di iPhone.

Microsoft menguji coba Cortana dalam mengatur pertemuan untuk melihat apakah Cortana dapat membantu dalam mengatur jadwal. Uji coba juga mendorong untuk berbicara dengan Cortana karena mereka diciptakan sebagai asisten pribadi manusia, untuk melihat seberapa baik Cortana berkomunikasi dengan manusia.

Belum diketahui akan berapa lama pengujian itu akan berlangsung, meski demikian proses tersebut membuat satu langkah lebih dekat untuk menjadikan Cortana dapat digunakan oleh semua pengguna iOS, demikian Phone Arena.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015