Toba Samosir, Sumut (ANTARA News) - Kementerian Kelautan dan Perikanan, melalui Dirjen Perikanan Budi Daya, menabur 22.000 ekor benih ikan di perairan Danau Toba kawasan Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Senin.

Benih ikan yang ditabur jenis Ikan Mas, Nila dan Tawes atau Asa-asa yang berasal dari pembibitan Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Utara.

Dalam waktu berbeda di lokasi yang sama, PT Aquafarm Nusantara, perusahaan perikanan di Danau Toba, juga melakukan penebaran sebanyak 10.000 ekor.

"Penaburan untuk pengayaan kembali stok (persediaan) ikan di perairan umum yang sudah semakin menurun," ujar Dirjen Perikanan Budi Daya, Slamet Soedjakto, di Balige, Toba Samosir.

Harapan pemerintah, gerakan tabur ikan yang dilakukan secara berkelanjutan ini menjadi motivasi bagi elemen masyarakat untuk ikut berperan.

"Kedepan muncul kesadaran masyarakat untuk menabur," harap Slamet.

Penjabat Bupati Toba Samosir, Hasiholan Silaen mengimbau masyarakat, khususnya nelayan untuk menseleksi atau memilah saat menangkap ikan untuk terjaganya ketersediaan ikan di Danau Toba.

"Kalau ada yang kecil atau mengandung telur, supaya dilepaskan (dikembalikan ke Danau Toba)," pesan Hasiholan.

Diinformasikan, terdapat 90 kelompok pembudi daya ikan kerambah jaring apung dengan keanggotaan mencapai 1.100 nelayan.

Pewarta: Warsito
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015