Paris (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte membicarakan kerja sama maritim kedua negara di sela-sela rangkaian Konperensi Tingkat Tinggi Para Pihak untuk Perubahan Iklim ke-21 (COP 21) di di Paris, Prancis, Senin.

Dalam pertemuan yang berlangsung sebelum pembukaan Leaders Event Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Kerangka Kerja Konperensi Perubahan Iklim (UNFCCC) COP 21 itu, Presiden Jokowi dan PM Rutte memfokuskan pembicaraan National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) dan Deep Seaport.

Presiden Jokowi meminta. agar kerja sama Indonesia dan Belanda dalam pembangunan Pengembangan Terpadu Pesisir Ibukota Negara (PTPIN) atau NCICD dapat dipercepat.

Selain itu, Presiden Jokowi juga berharap kerja sama Indonesia dengan Belanda di bidang pembangunan pelabuhan laut dalam (deep seport) dapat diteruskan.

Menanggapi hal tersebut, PM Belanda menjanjikan akan mengirimkan tim ke Jakarta guna membahas kerja sama tersebut, dan menjadwalkan kunjungan kenegaraan pada 2016.

Pertemuan bilateral Presiden Jokowi dan PM Rutte dilakukan sesaat setelah tiba di Parc Des Expositions Du Bourget Paris, Prancis, tempat berlangsungnya Pertemuan para Pemimpin UNFCCC COP21.


Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut didampingi Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.

Pewarta: Ageng Wibowo
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015