Jakarta (ANTARA News) - Pendiri dan Direktur London School of Public Relations, Prita Kemal Gani, berpesan agar bangga menjadi warga ASEAN dalam menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada akhir 2015.

"Kita harus bangga menjadi warga ASEAN. Kita mempunyai peninggalan dan warisan-warisan dunia yang luar biasa. Demikian juga dengan budaya yang dimiliki negara-negara Asia Tenggara," katanya dalam diskusi di Jakarta, Senin.

Prita mengatakan, yang membuat suatu kawasan bersatu bukanlah kekuatan angkatan bersenjata, melainkan sikap saling menghargai di dalam perbedaan.

"Kalau di ASEAN semua orang bisa saling menghargai, apalagi jika ada orang Indonesia yang menikah dengan orang dari negara ASEAN lain, integrasi kawasan ini bisa lebih cepat," katanya sembari tertawa.

Selain itu, ia mengungkapkan bahwa sekolah dan kampus terbaik di dunia juga banyak yang berasal dari ASEAN, misalnya National University of Singapore.

Untuk saling melengkapi, Pria menjelaskan, negara-negara ASEAN sebaiknya belajar satu sama lain untuk semakin memajukan kawasan ini.

"Contoh kecilnya kita bisa belajar dari Singapura soal ketepatan waktu karena di Indonesia tidak tepat waktu masih menjadi hal yang lumrah," bebernya.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015