Pada rapat pleno Komisi malam ini, 10 kelompok fraksi di Komisi III seluruhnya sepakat dilanjutkan ke fit and proper test. Tidak ada yang menolak,"
Jakarta (ANTARA News) - Rapat pleno Komisi III DPR RI akhirnya secara bulat memutuskan melanjutkan proses seleksi calon pimpinan KPK ke tahap uji kelayakan dan kepatutan pada 14-16 Desember 2015.

"Pada rapat pleno Komisi malam ini, 10 kelompok fraksi di Komisi III seluruhnya sepakat dilanjutkan ke fit and proper test. Tidak ada yang menolak," kata Wakil Ketua Komisi III DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Trimedya Panjaitan, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin malam.

Rapat pleno Komisi III DPR RI pada Senin malam ini, merupakan lanjutan dari rapat pleno yang sebelumnya dijadwalkan pada Jumat (27/11) malam, tapi ditunda karena masih ada pro-kontra soal unsur latar belakang calon pimpinan KPK yakni tidak ada unsur jaksa.

Menurut Trimedya, pada rapat pleno Komisi III Senin malam ini, semua fraksi sepakat, tidak ada lagi penolakan.

Komisi III DPR RI memutuskan, menjadwalkan uji kelayakan dan kepatutan terhadap delapan calon pimpinan KPK, pada Senin hingga Rabu (14-16/12).

Sebelumnya, Komisi III menjadwalkan pembuatan makalah kepada delapan calon pimpinan KPK, pada Rabu hingga Jumat (2-5/12).

Trimedya menjelaskan, perihal adanya catatan dari beberapa anggota Komisi III DPR terhadap beberapa calon pimpinan KPK, akan diperdalam terhadap calon yang bersangkutan pada proses uji kelayakan dan kepatutan.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Beny K Harman mengatakan, Komisi III memutuskan akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap delapan calon pimpinan KPK, pada Senin hingga Rabu (14-16/12).

"Kemudian, pada Rabu (16/12) malam, langsung dilanjuutkan rapat pleno pemilihan pimpinan KPK. Dengan demikian, pada 16 Desember malam, pimpinan KPK sudah terpilih," katanya.

Menurut Beny, soal adanya penilaian atas fakta dan persyaratan yang belum semuanya terpenuhi dari beberapa calon, akan jadi penilaian masing-masing anggota dan fraksi untuk didambil keputusan.

Delapan nama calon pimpinan KPK yang akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan pada dua pekan mendatang adalah, Saut Situmorang dan Surya Chandra (bidang pencegahan); Alexander Marwata dan Basaria Panjaitan (bidang penindakan); Agus Raharjo dan Sujanarko (bidang manajemen), serta Johan Budi Sapto Prabowo dan Laode Muhammad Syarif (bidang supervisi).

Kemudian, dua nama calon pimpinan KPK lainnya yakni, Busyro Muqoddas dan Roby Arya Bharata, sudah lebih dulu diterima Komisi III DPR RI dan sudah menjalani uji kelayakan dan kepatutan.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015