... kenaikan pangkat menjadi letnan kolonel anumerta kepada korban karena korban meninggal saat menjalankan tugas...
Jayapura, Papua (ANTARA News) - Panglima Kodam XVII/Cendrawasih Mayor Jenderal TNI Hinsa Siburian, mengemukakan, anak buahnya yang tewas ditembak OPM di Papua akan mendapat kenaikan pangkat secara anumerta menjadi letnan kolonel. 

"Saya baru mendapat telepon dari Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, dan beliau menyatakan akan menganugerahkan kenaikan pangkat menjadi letnan kolonel anumerta kepada korban karena korban meninggal saat menjalankan tugas," kata Siburian, kepada ANTARA, di Base Ops Pangkalan Udara TNI AU Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa.


Dia menjelaskan, selain menganugerahkan kenaikan pangkat, Nurmantyo juga berjanji akan membiayai pendidikan kedua anak korban yang saat ini bermukim di Magelang, Jawa Tengah.

Mayor Infantri Jhon de Fretes tewas akibat diserang kelompok bersenjata OPM di Mamberamo Raya, Senin (30/11) seusai melakukan kunjungan ke Kampung Namuni dalam rangka pengamanan 1 Desember.

Sebelumnya, kata Siburian, korban yang menjabat sebagai perwira penghubung Kodim Sarmi berencana berpatroli bersama dengan kepala Polres Mamberamo Raya. Tetapi karena yang terakhir ini ada aktivitas lain maka de Fretes berpatroli bersama kedua anggotanya. 

"Penembakan yang dilakukan terhadap korban sama seperti teroris," ujar Siburian.

Baca : Mayor Inf Jhon de Fretes tewas diserang OPM

Sementara itu jenazah korban sudah dievakuasi dari lokasi penembakan dan pada pukul 13.36 WIT tiba di Bandara Sentani dengan menggunakan pesawat Trigana dari Kasonaweja, Mamberamo Raya.

Selanjutnya, jenazah de Fretes akan dibawa ke Magelang untuk dikebumikan. 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015