Kami menerima informasi tambahan yang sayangnya menguatkan bahwa minyak ini, yang dihasilkan di wilayah-wilayah yang dikuasai ISIS dan organisasi teroris lainnya, diangkut dalam skala industri ke Turki
Le Bourget, Prancis (ANTARA News) - Presiden Rusia Vladimir Putin, Senin waktu setempat, menuduh alasan Ankara menembak jatuh pesawat tempur Rusia adalah demi melindungi pasokan minyak dari ISIS ke Turki.

Tuduhan ini disampaikan setelah pemimpin Rusia ini mencemooh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada KTT Perubahan Iklim di Prancis.

Orang kuat Kremlin ini melepaskan salvo ejekan terbarunya dalam perang kata-kata sengit antara kedua pemimpin menyusul penembakjatuhan pesawat tempur Rusia di perbatasan Suriah pekan lalu pada saat jenazah seorang pilot Rusia akibat insiden itu tiba di Rusia.

Setelah menolak bertemu empat mata dengan Erdogan di sela KTT Perubahan Iklim di Paris, Senin, Putin menuduh Ankara berusaha melindungi ekspor minyak ISIS yang merupakan sumber pendanaan penting bagi ISIS.

"Kami punya semua alasan untuk direnungkan bahwa keputusan menembak jatuh pesawat tempur kami dipaksakan oleh hasrat untuk melindungi jalur suplai minyak ke wilayah Turki, tepat di pelabuhan-pelabuhan di mana minyak itu dimuatkan ke tanker-tanker," kata Putin dalam jumpa pers di sela KTT Perubahan Iklim, mengulangi tuduhan yang telah dia sampaikan pekan lalu yang telah dibantah oleh Turki.

"Kami menerima informasi tambahan yang sayangnya menguatkan bahwa minyak ini, yang dihasilkan di wilayah-wilayah yang dikuasai ISIS dan organisasi teroris lainnya, diangkut dalam skala industri ke Turki," kata Putin seperti dikutip AFP.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015