Jakarta (ANTARA News) - Jakarta IKM Expo VII menampilkan berbagai produk khas Kota Jakarta yang digelar di Plasa Kementerian Perindustrian pada 1-4 Desember 2015 pukul 09.00-15.00 WIB.

"Pameran kali ini diikuti oleh 65 usahawan IKM yang memenuhi 44 booth yang tersedia," kata Ketua Panitia Jakarta IKM Expo Rainer Prakuso Tobing fi Jakarta, Selasa.

Beberapa produk dibidang fashion dan aksesori, kerajinan tangan, kuliner, serta IKM penunjang industri galangan kapal turut memamerkan produknya.

Selain dari Jakarta, peserta pameran dari Provinsi Jawa Barat, Banten dan Jawa timur juga mengikuti pameran yang diresmikan oleh Sekjen Kementerian Perindustrian Syarif Hidayat ini.

Dalam sambutannya, Syarif mengatakan IKM selalu digambarkan sebagai sektor yang memiliki peranan penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dan menambah lapangan kerja.

"IKM menyunbang 34,56 persen terhadap pertumbuhan industri pengolahan non-migas secara keseluruhan," kata Syarif.

Angka tersebut dicapai berkat dukungan dari 3,6 juta unit usaha, atau 90 persen dari total unit usaha industri nasional.

Serapan tenaga kerja yang mencapai 10,3 juta orang, berdampak pada meningkatnya ekonomi nasional serta mengurangi kemiskinan.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015