Anggaran sudah mulai tersalur ke prima, peralatan juga cepat datang"
Jakarta (ANTARA News) - Tono Suratman yang baru-baru ini kembali terpilih sebagai Ketua Umum KONI Pusat bertekad akan melanjutkan program-program yang sebelumnya telah dicanangkan oleh KONI, termasuk persiapan untuk Olimpiade 2016, SEA Games 2017 dan Asian Games 2018.

"Sudah ada dihadapan kita Olimpiade, SEA Games dan Asian Games, dan saya yakin pekerjaan itu bisa dilakukan melalui kerjasama dengan pemerintah, dan sangat diperlukan dukungan dari pemerintah." kata Tono Suratman yang akan kembali menahkodai organisasi olah raga nasional itu untuk periode 2015 - 2019, di Jakarta, Selasa.

"Bagaimanapun KONI tidak bisa bekerja sendiri, KONI harus didukung penuh oleh pemerintah berdasarkan sejarah sejak berdirinya KONI pada 1938, KONI tidak pernah lepas dari pemerintah.

Sementara itu untuk olah raga yang berskala nasional, Tono juga tetap akan menjalankan Pekan Olah raga Nasional (PON) dan juga PON Remaja.

"Ke depan bagi atlet-atlet muda akan diadakalan pembinaan yang sifatnya kompetisi dan berjenjang, tadinya PON Remaja yang sedianya akan digelar tiap empat tahun sekali akan menjadi dua tahun sekali, untuk persiapan atlet menuju PON," tambah Ketua Umum KONI Pusat.

Ketua Umum KONI Pusat juga mengatakan dirinya juga akan melanjutkan program-program yang telah ditangani satlak prima.

"Namun untuk menjalankan itu semua diperlukan anggaran, karena anggaran ini penting sebagai upaya terciptanya prestasi," katanya.

"Kami berharap nantinya pencairan anggaran bisa dilakukan di awal tahun, bukan di akhir seperti yang sudah-sudah, kalau seperti ini PB/PP tidak bisa jalan karena mereka tidak memiliki dana talangan," tambah Tono yang juga Ketua Dewan Pelaksana Prima itu.

Namun Tono juga mengakui setahun terakhir ini sudah mulai ada perbaikan tentang pencairan anggaran.

"Anggaran sudah mulai tersalur ke prima, peralatan juga cepat datang," tambahnya.

Tono Suratman kembali memimpin Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk masa bakti empat tahun mendatang, 2015-2019, setelah terpilih secara aklamasi dalam Musyarawah Olahraga Nasional (Musornas) XII KONI di Kota Jayapura, Papua, Minggu, (29/11) malam.

Pewarta: Aris Budiman
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015