Barcelona (ANTARA News) - Pelatih Barcelona Luis Enrique mengakui dirinya bersimpati terharap Luis Suarez, setelah pemain Uruguay itu tidak dapat bergabung dengan rekan-rekan setimnya Lionel Messi dan Neymar untuk menjadi salah satu dari tiga kandidat peraih Ballon dOr.

Bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo akan bergabung dengan Messi dan Neymar di podium di Zurich pada 11 Januari, untuk dianugerahi penghargaan Pemain Terbaik Dunia, di mana Messi difavoritkan untuk memenangi Ballon dOr kelimanya.

Bagaimanapun, banyak pihak di Barcelona meyakini kontribusi Suarez terhadap kesuksesan Barca memenangi tiga gelar pada musim lalu semestinya mendapat pertimbangan lebih dibanding Ronaldo, meski pemain Portugal itu menyumbang banyak gol untuk Real.

"Sebagai pelatih saya selalu ingin pemain-pemain saya berada dalam daftar kandidat peraih penghargaan, namun Anda harus memahami bahwa terdapat pemain-pemain dari tim-tim lain yang berada di level yang sangat bagus," kata Enrique pada Selasa menjelang pertandingan Piala Raja yang akan dimainkan Barcelona melawan tim strata ketiga Villanovense.

Enrique juga menegaskan bahwa Messi semestinya dapat meraih penghargaan lain di Zurich setelah dinominasikan sebagai pencetak gol terbaik pada 2015 untuk upaya solo sensasionalnya di final Piala Raja saat melawan Athletic Bilbao.

Gol Messi bersaing dengan gol jarak jauh Alessandro Florenzi untuk Roma saat melawan Barca pada September, dan pemain Brazil Wendell Lira, namun Enrique meyakini proses gol Messi di final Piala Raja itu memberikan nilai tambah.

"Lebih sulit untuk menaklukkan empat atau lima pemain di final ajang Piala. Gol yang lainnya tercipta di fase grup Liga Champions dan tentu saja memiliki kesulitannya sendiri. Florenzi merupakan pemain dengan tembakan spektakuler, namun bagi saya (gol) Messi lebih sulit."

Messi dan Neymar juga menjadi pemenang pada penghargaan-penghargaan Liga Spanyol untuk musim 2014/2015 pada Senin malam, dan mereka juga mengidamkan Suarez masuk dalam tiga kandidat utama untuk Ballon dOr.

"Saya senang dapat berada di antara tiga teratas, untuk berada pada malam gala lainnya dan berada di sana bersama Ney," kata Messi, yang menjadi finalis untuk tahun kelima secara beruntun.

"Saya akan senang jika Suarez dapat berada di sana juga karena ia layak atas tahun yang telah ia lewati, namun kita tidak dapat mengesampingkan Cristiano dan ia juga layak."

Kontras dengan Messi dan Ronaldo, pencalonan Neymar di tiga besar merupakan yang pertama kalinya.

"Ini merupakan salah satu hari paling membahagiakan dalam hidup saya," kata bintang Brazil itu.

"Suarez absen. Saya berharap ia akan dapat berada di sana juga." Demikian laporan AFP.

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015