Banyuwangi (ANTARA News) - Brimob Mabes Polri dan Brimob Polda Jatim akan disiagakan untuk membantu menjaga pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada 9 Desember 2015.

"Kami meminta bantuan personel Brimob Mabes Polri sebanyak satu satuan setingkat kompi (SSK) untuk pengamanan Pilkada karena sebagian anggota Polres Banyuwangi juga fokus mengamankan lokasi tambang Tumpang Pitu pascakerusuhan yang terjadi beberapa waktu lalu," kata Kapolres Banyuwangi AKBP Bastoni Purnama di Banyuwangi, Rabu.

Menurut dia, sejumlah personel bantuan Polres Jember dan Situbondo yang membantu pengamanan lokasi tambang emas Gunung Tumpang Pitu sudah ditarik kembali ke Polres masing-masing karena di kabupaten ini juga menggelar Pilkada serentak.

"Penjagaan di kawasan tambang Tumpang Pitu tetap diperketat hingga usai Pilkada, meskipun saat ini suasana sudah berangsur-angsur normal dan warga yang berada di permukiman sekitar tambang sudah melakukan aktivitasnya sehari-hari," kata Bastoni.

Tetapi Polres Banyuwangi tetap meminta bantuan pengamanan dari Brimob Polda Jatim untuk membantu pengamanan di Tumpang Pitu dan Pilkada.

"Sejauh ini suasana di sekitar tambang yang berada sekitar 40 kilometer dari objek wisata Pulau Merah kondusif dan situasi jelang pemungutan suara Pilkada juga terpantau kondusif," kata Bastoni.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015