Makassar (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat Irjen Pol Pudji Hartanto Iskandar selama beberapa hari ini aktif melakukan kunjungan kerja ke beberapa daerah di Sulsel untuk memantau langsung proses tahapan pemilihan kepala daerah serentak.

"Hari ini saya ke Luwu Utara menggunakan helikopter. Ini juga sekaligus memantau langsung proses tahapan Pilkada di 11 daerah," ujar Irjen Pol Pudji Hartanto Iskandar saat menghadiri HUT Ditpolair ke-65 di Makassar, Rabu.

Dia mengatakan, kunjungannya ke beberapa daerah itu merupakan rangkaian dari kunjungan kerja rutinnya yang sekaligus memantau langsung kesiapan aparatnya dalam mengawal Pilkada serentak.

Kapolda bahkan memberikan penegasan kepada semua anak buahnya untuk tidak tidur sebelum semua proses tahapan Pilkada ini berjalan lancar aman dan tertib.

"Jangan tidur karena banyak tugas yang harus dilakukan. Tingkatkan kewaspadaan terus pantau pengamanan logistik agar sampai ke TPS masing-masing," katanya.

Sebelum berangkat ke Luwu Utara (Lutra), Kapolda telah mengunjungi Luwu Timur (Lutim) dan Tana Toraja (Tator). Setelah mengikuti acara ulang tahun Direktorat Kepolisian Perairan, Pudji terbang lagi ke Luwu Utara dan Palopo.

Kabid Humas Polda Sulselbar Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, kunjungan Kapolda Sulselbar hari ini ke Luwu Utara dan keesokan harinya melakukan perjalanan lagi ke Palopo mengikuti tabliq akbar.

Usai melakukan kunjungan ke tanah Luwu itu, mantan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Mabes Polri itu kemudian melanjutkan perjalanan ke daerah lain yakni Soppeng, Parepare dan Barru.

"Khusus daerah yang akan menggelar Pilkada, Polres-polres yang dikunjungi itu sudah siap melaksanakan pilkada serentak dan pertemuan-pertemuan juga rutin dilakukan," katanya.

Selain itu, Kapolda meminta agar petugas mau melaksanakan tugas dengan profesional dan netral. Dia juga mengingatkan kepada seluruh pasangan calon untuk tidak bertindak semena-mena dalam mendapatkan suara.

Pewarta: Muh Hasanuddin
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015