Ya, saya ketemunya empat tahun lalu,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Pandjaitan membenarkan pertemuannya dengan Chief Executive Officer (CEO) Freeport McMorran James Robert Moffet atau Jim Bob.

"Ya, saya ketemunya empat tahun lalu," ujarnya di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Rabu.

Mantan Kepala Staf Kepresidenan Joko Widodo ini menuturkan pertemuannya saat itu dilakukan untuk membahas divestasi PT Freeport Indonesia.

"Dia dulu mau divestasi, lalu dipilih tiga perusahaan yang masuk kualifikasi. Salah satunya perusahaan saya. Pada 2012 itu, saya sedang di Amerika Serikat, lalu dia mengajak saya bicara," paparnya.

Luhut mengemukakan pernyataan tersebut karena namanya disebut-sebut dalam rekaman pembicaraan Ketua DPR Setya Novanto, Direktur Utama PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin, dan pengusaha Muhammad Riza Chalid dalam sidang perdana yang dilaksanakan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI, pada Rabu (2/12).

Penyelenggaraan sidang kehormatan terkait dugaan upaya pemerasan oleh Wakil Ketua DPR Setya Novanto terhadap PT Freeport Indonesia dengan mencatut nama Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla ini, menghadirkan Sudirman sebagai saksi persidangan.

Sedangkan Maroef Sjamsoeddin dan Muhammad Reza Chalid akan hadir pada Kamis (3/12).

Dugaan pemerasan tersebut berawal dari pengungkapan Menteri ESDM Sudirman Said yang melaporkan Novanto ke MKD beserta bukti transkrip rekaman percakapan.

Usai memanggil saksi-saksi, MKD akan menggelar konsinyering dan mengundang Setya Novanto.

(A073/A029)

Pewarta: Agita Tarigan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015