Jakarta (ANTARA News - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk melalui anak usahanya Telkomsigma mendukung Kota Bandung menjadi "Smart City" melalui aplikasi e-Kelurahan, solusi yang mempermudah administrasi pelayanan kepada masyarakat dan solusi data center berbasis "cloud computing" di kantor kelurahan/desa di wilayah itu.

"Telkomsigma sebagai perusahaan penyedia layanan berbasis ICT terbesar di Indonesia berkomitmen mendukung pemberdayaan teknologi informasi dalam pengembangan wilayah dan pembangunan "smart city" di Indonesia," kata CEO TelkomSigma, Judi Achmadi, di Jakarta, Kamis.

Menurut Judi, layanan e-kelurahan ini merupakan pelayanan publik yang diperuntukan dari tingkat RW sampai dengan pemerintah kota- kabupaten sehingga pelayanan administrasi kepada masyarakat lebih efisien, cepat dan akurat.

"Ekspansi Telkomsigma kedepannya akan mengembangkan dan mendukung kota-kota lainnya di Indonesia sebagai kota Smart City dengan solusi berbasis ICT sebagai bentuk dukungan perusahaan kepada Pemerintah dalam memajukan teknologi di Tanah Air," ujar Judi.

Atas komitmen dukungan terhadap pemerintah Kota Bandung sebagai kota pertama yang sudah memberikan penyediaan layanan sistem e-Kelurahan, TelkomSigma mendapat penghargaan memecahkan Rekor MURI (Musium Rekor Indonesia).

E-keluharan/E-kecamatan terdapat fitur lengkap untuk penyelenggaraan sebuah tata kelola pemerintahan yang baik meliputi Dashboard, Letter Agreement, Upload Citizen's Data, E-mail Notification, Setup Occupation, Setup user, Musrenbang, Create Letters, Work Schedule, Filter Data, Setup Category Letters, Setup Agreement, Finance, Setup Variable Letters, Citizen Petition.

Selanjutnya, Data of Citizens, Setup Letters, Layout Letterhead, Setup KPI, Monitoring Activities, Setup Variable Data of Citizens, Incoming Letters, Tax, Web Input, Data of Letters, Potential Area dan Agreement Through E-mail.

Sistem aplikasi ini juga dapat diintegrasikan dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) atau dinas-dinas sehingga dapat memberikan pelayanan terintegrasi dalam single database system mulai dari dinas kesehatan, pendidikan, sosial, pekerjaan umum, keuangan dan lain-lainnya.

Sementara itu, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil mengatakan, "Smart City" bertujuan untuk mempermudah segala urusan dengan dukungan konektivitas tinggi dari pemanfaatan TIK.

"Telkomsigma bersama induk perusahaannya, Telkom Indonesia, berhasil mewujudkan Bandung menjadi Smart City untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pelayanan publik," ujar Ridwan Kamil.

Ia mengharapkan, e-pemerintah dapat menjadi pendongkrak kinerja pemerintah minimal dalam tiga hal yaitu meningkatkan efisensi internal pemerintah, meningkatkan layanan kepada masyarakat dan meningkatkan dukungan keunggulan ekonomi.

(R017)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015