Jangan lupa untuk datang ke TPS, jangan lupa untuk memilih pemimpin Indonesia yang ditentukan saudara-saudara sendiri, rakyat sendiri,"
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat untuk berpartisipasi aktif untuk menyalurkan hak pilihnya dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak pada 9 Desember 2015.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi dalam jumpa pers yang digelar secara mendadak di Istana Merdeka Jakarta, Senin malam.

Pada kesempatan itu, Presiden mengatakan ia mengimbau rakyat Indonesia di 269 daerah dapat berpartisipasi aktif menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya.

"Jangan lupa untuk datang ke TPS, jangan lupa untuk memilih pemimpin Indonesia yang ditentukan saudara-saudara sendiri, rakyat sendiri," katanya.

Presiden juga meminta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti untuk memastikan penyelenggaraan Pilkada berjalan dengan baik.

"Saya mengimbau semua pihak untuk tertib, untuk sejuk. Ini adalah kegembiraan politik, mari kita meriahkan bersama-sama," katanya.

Ia juga mengimbau pihak yang menang nantinya untuk tidak jumawa atau sombong.

Sebaliknya mereka yang kalah tidak usah kecewa dan mengamuk.

"Kemudian bila ada perbedaan pendapat tentang hasil pemilihan saya berharap bisa diselesaikan secara damai, secara demokratis, dewasa sesuai dengan jalur yang telah diatur Undang-Undang," kata Presiden.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015