Rapat koordinasi tingkat menteri terkait penyelenggaraan Asian Games juga telah dilakukan,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan persiapan penyelenggaraan Asian Games XVIII tahun 2018 terus dilakukan.

"Rapat koordinasi tingkat menteri terkait penyelenggaraan Asian Games juga telah dilakukan," kata Puan Maharani di Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan, nama resmi Asian Games 2018 telah ditetapkan oleh Olympic Council of Asia (OCA) yakni 18th Asian Games Jakarta - Palembang 2018.

"Ini merupakan pertama kalinya nama resmi Asian Games dengan dua kota di dalamnya," katanya.

Pada pelaksanaan 18th Asian Games Jakarta - Palembang 2018 lokasi pertandingan akan disebar di empat provinsi yakni DKI jakarta, Sumatera Selatan, Jawa Barat dan Banten.

Saat ini, kata dia, sedang dilakukan proses-proses persiapan administrasi baik yang terkait dengan dokumen perencanaan program dan kegiatan APBN dan APBD, maupun yang terkait dengan administrasi status hukum dari aset yang akan dibangun.

Renovasi dan pembangunan, kata dia, akan dilakukan pada venue pertandingan dan wisma atlet termasuk renovasi Gelora Bung Karno dan pembangunan wisma atlet di Kemayoran.

"Pemerintah daerah khususnya DKI jakarta dan Sumatera Selatan juga sudah melakukan pembangunan fisik untuk mendukung transportasi pelaksanaan Asian Games 2018," katanya.

Selain itu, tambah dia, dilakukan juga penyiapan standarisasi venue pertandingan.

Dia menambahkan, sukses pelaksanaan Asian Games 2018 adalah indikator keberhasilan Gerakan Nasional Revolusi Mental.

"Oleh karena itu, seluruh pihak terkait harus lebih berintegritas, beretos kerja dan mengedepankan gotong royong," katanya.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015