Sampit, Kalteng (ANTARA News) - Hasil hitung cepat perolehan suara pemilihan bupati dan wakil bupati Kotawaringin Timur, Kalteng, menunjukkan pasangan petahana H Supian Hadi dan HM Taufiq Mukri atau SAHATI memenangi perolehan suara.

"Kami berani merilis karena sampel sudah masuk merata di seluruh wilayah. Sisanya karena gangguan pelaporan akibat kondisi geografis. Tapi kami yakin kalau bergeser pun angkanya hanya sekitar satu persen," kata peneliti ahli Lembaga Survei Kebijakan Publik-Lingkaran Survei Indonesia Network, Taufik Al Zurjani dalam keterangan pers, di Sampit, Kalteng, Rabu sore.

Berdasarkan hitung cepat dengan sistem sampel yang dilakukan, pasangan SAHATI menang telak dan tidak terkejar. Secara rinci perolehan suara pasangan calon bupati dan wakil bupati sesuai nomor peserta berurutan yaitu Djunaidy Drakel-Hariyanto (DJUARA) memperoleh 2,82 persen, H Supian Hadi-HM Taufiq Mukri (SAHATI) 63,93 persen, Muhammad Arsyad-H Nadiansyah (MADANI) 5,36 persen dan Muhammad Rudini-H Supriadi (ZAMRUD) 27,89 persen.

Hasil itu diperoleh dari data sampel suara yang masuk 94,66 persen pada pukul 17:15 WIB, sampling error sekitar 1 persen. Partisipasi pemilih sekitar 54,69 persen.

Hasil survei sebelumnya dilakukan, Supian Hadi sudah dikenal jauh sebelum masa kampanye dengan persentase 96,5 persen. Tingkat kesukaan masyarakat terhadapnya juga paling tinggi yakni 93,1 persen. Kepuasan masyarakat terhadap kinerja Supian Hadi mencapai 83 persen.

"Sebesar 58,4 persen masyarakat masih menginginkan kembali Supian Hadi jadi bupati. Alasannya, 51,4 persen masyarakat menganggap Supian Hadi mampu memecahkan masalah dan 40 persen karena melihat kepribadian Supian Hadi. Jadi kalau digabung dengan persentase perolehan Taufiq Mukri, sebenarnya hasil ini sudah diprediksi jauh-jauh hari," kata Zurjani.

Sementara itu, berdasarkan hasil real count SAHATI Center yang didasarkan laporan saksi dan relawan di seluruh TPS pada pukul 17:32 WIB, kemenangan SAHATI juga menunjukkan hasil hampir sama.

Dirincikan, perolehan suara pasangan Djunaidy Drakel-Hariyanto (DJUARA) memperoleh 2,91 persen, H Supian Hadi-HM Taufiq Mukri (SAHATI) 63,76 persen, Muhammad Arsyad-H Nadiansyah (MADANI) 5,38 persen dan Muhammad Rudini-H Supriadi (ZAMRUD) 27,96 persen. Data masuk sudah mencapai 95,63 persen dengan margin error 1 persen.

Sementara itu, Supian Hadi langsung ziarah ke makam orangtuanya setelah melihat perkembangan perolehan suara. Dia yakin hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum nantinya tidak akan jauh berbeda dari hasil perhitungan oleh tim sukses SAHATI.

"Kami mengimbau kepada tim sukses, relawan dan masyarakat untuk tidak berlebihan dan euforia dengan hasil ini. Ini kemenangan seluruh masyarakat Kotawaringin Timur. SAHATI tidak akan bisa membangun tanpa dukungan seluruh masyarakat Kotawaringin Timur. Kita semua bersaudara dan kita sama-sama membangun daerah kita," kata Supian Hadi.

Usai ziarah, Supian Hadi menuju sekretariat relawan SAHATI CENTER di Jalan Pelita Sampit. Kedatangan Supian Hadi yang kemudian disusul Taufiq Mukri, disambut gembira ratusan pendukungnya yang sudah menunggu.

Pewarta: Norjani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015