Padang (ANTARA News) - Lembaga Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyatakan pasangan calon gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno-Nasrul Abit memenangi pilkada gubernur berdasarkan hasil hitung cepat dengan persentase 59,04 persen.

"Berdasarkan hasil hitung cepat dari 400 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang menjadi sampel, persentase perolehan suara Irwan-Nasrul 59,04 persen dan Muslim Kasim-Fauzi Bahar 40,96 persen," kata Supervisi LSI, Hamdan Akbar di Padang, Rabu malam saat memberikan keterangan kepada wartawan.

Menurut dia berdasarkan hitung cepat yang dilakukan tingkat partisipasi pemilih pada pilkada gubernur mencapai 59,28 persen dengan tingkat toleransi kesalahan sampel 1 persen.

"Kami memastikan hasil ini akurat karena berdasarkan pengalaman selama ini dari hitung cepat yang telah dilakukan LSI tidak ada satu pun yang salah, jika ada perbedaan dengan hasil KPU hanya selisih satu persen," kata dia.

Ia menjelaskan hitung cepat adalah penghitungan suara di sejumlah sampel TPS yang dipilih secara acak dan proporsional dari seluruh populasi TPS yang ada menggunakan metodologi ilmiah.

"Sejak data dari relawan yang ada di TPS masuk selisih diantara kedua pasangan calon tidak lebih dari satu persen atau dalam artian yang berubah hanya koma saja," lanjut dia.

Dalam melaksanakan hitung cepat LSI memetakan Sumbar menjadi sembilan zona dengan hasil zona 1 Agam dan Bukittinggi dengan perolehan suara Muslim-Fauzi 42,41 persen dan Irwan-Nasrul 57,59 persen, zona 2 Dharmasraya, Sawahlunto dan Sijunjung dengan perolehan Muslim-Fauzi 40,74 persen dan Irwan-Nasrul 59,26 persen.

Kemudian zona 3 Kepulauan Mentawai dan Pesisir Selatan dengan perolehan Muslim-Fauzi 33,76 persen dan Irwan-Nasrul 66,24 persen, zona 4 Kabupaten Solok, kota Solok dan Solok Selatan dengan hasil Muslim-Fauzi 42,22 persen dan Irwan-Nasrul 57,78 persen.

Lalu zona 5 Limapuluh Kota dan Payakumbuh dengan perolehan Muslim-Fauzi 42,04 persen dan Irwan-Nasrul 57,96 persen, zona 6 Kota Padang dengan hasil Muslim-Fauzi 33,69 persen dan Irwan-Nasrul 66,31 persen.

Berikutnya zona 7 Padangpanjang dan Tanah Datar dengan perolehan Muslim-Fauzi 37,94 persen dan Irwan-Nasrul 62,06 persen, zona 8 Padangpariaman dan Kota Pariaman dengan hasil Muslim-Fauzi 58,18 persen dan Irwan-Nasrul 41,82 persen dan zona 9 Pasaman dan Pasaman Barat dengan perolehan Muslim-Fauzi 41,85 persen dan Irwan-Nasrul 58,15 persen.

Hamdan mengatakan pasangan Irwan- Nasrul hanya mengalami kekalahan di Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Kabupaten Padangpariaman.

Sementara, Koordinator LSI wilayah Sumbar, Elva Rona mengatakan dalam melakukan hitung cepat pihaknya bekerja sama dengan Jaringan Isu Publik (JIP).

Tim Sukses Irwan-Nasrul, Rinaldi mengapresiasi hitung cepat yang dilakukan LSI namun belum bisa mengklaim kemenangan karena tetap harus menunggu penghitungan resmi KPU.

Penjabat Gubernur Sumbar, Reydonnyzar Moenek mengatakan pelaksanaan Pilgub di daerah itu saat ini berjalan lancar tanpa kendala yang menonjol.

Ia berharap lembaga survei dapat menjaga stabilitas dan tidak membuat kehebohan dari data yang diumumkan.

Kami memberikan apresiasi terhadap partisipasi publik yang berpartisipasi melakukan hitung cepat, namun harap menjaga stabilitas dan data yang sah tetap hasil dari KPU, kata dia.

Pilkada Gubernur Sumbar diikuti dua pasang calon yaitu Muslim Kasim-Fauzi Bahar yang diusung Partai Nasdem, PDI Perjuangan, PAN dan Partai Hanura serta pasangan Irwan Prayitno-Nasrul Abit yang diusung PKS dan Partai Gerindra.

KPU Sumbar mencatat jumlah pemilih untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada serentak 9 Desember 2015 sebanyak 3.496.836 orang.

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015