Sinar Mas Land pada 10 Desember meresmikan pembangunan proyek gedung perkantoran terbaru di BSD City, yakni BSD Green Office Park 9 (GOP 9) yang ditandai dengan topping off ceremony.
 
BSD Green Office Park (GOP) 9 merupakan lot nomor 9 seluas 8.400 Sqm dengan available area lease 20.767,53 Sqm Semi Gross, berada di kawasan Green Office Park BSD City.

Gedung perkantoran terbaru ini menjadi bagian dari kawasan BSD Green Office Park, distrik pertama di Indonesia yang mendapat sertifikasi “Gold” Green district dari BCA (Building Construction Authority) – Singapore. 

Target Gedung BSD GOP 9 ini adalah mendapatkan sertifikasi Platinum Greenship dari Green Building Council Indonesia (GBCI). Pengembangan BSD GOP 9 mengacu akan pentingnya pelestarian lingkungan yang selalu menjadi komitmen Sinar Mas Land yang memadukan aspek ramah lingkungan dengan suasana hijau nan alami dalam sebuah kawasan.

Pembangunan gedung perkantoran tersebut dilaksanakan sesuai dengan rencana, yaitu dimulai pada kuartal 4,  2014 dan diharapkan rampung serta dapat beroperasi pada kuartal 3, 2016.
 
Michael Widjaja, Group CEO Sinar Mas Land dalam siaran pers hari ini mengungkapkan, ”BSD GOP 9 merupakan solusi dari Sinar Mas Land untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan gedung perkantoran yang ramah lingkungan dan di  desain berkelas serta  fasilitas terbaik di lokasi strategis dan mudah diakses. Kehadiran BSD GOP 9 juga menunjukkan bahwa Sinar Mas Land selalu berkomitmen mendukung pelestarian alam dengan menghasilkan bangunan yang ramah lingkungan dan hemat energi, sesuai dengan konsep Green District.”
 
Konsep Green District
 Proyek BSD GOP 9 ini akan mengacu pada konsep Green District sebagai usaha Sinar Mas Land untuk memenuhi komitmen dalam pelestarian lingkungan. Hal ini berarti semua bangunan akan dibangun dengan konsep low rise, memiliki Koefisien Dasar Bangunan (KDB) 25%-35%, serta memiliki fasilitas pengelolaan air dan sampah sesuai dengan standard dari Green District.

Dalam kawasan BSD GOP  ini terdapat 9 gedung perkantoran dan sebuah Mall khusus Food and Beverages (F/B Mall) yang memiliki fitur – fitur Green, yakni Microclimate Optimization, Green Transport and Integrated Parking, serta Sustainable Management Practice.
 
Teky Mailoa, CEO Asset Management Sinar Mas Land, menjelaskan,” Fitur – fitur Green tersebut diaplikasikan semaksimal mungkin dalam gedung perkantoran di area Green District ini. Gedung perkantoran ini dibangun dengan memperhitungkan arah mata angin utara dan selatan untuk mengurangi panas matahari, memanfaatkan ventilasi sirkulasi udara dan pencahayaan alami serta menggunakan dinding dan atap hijau yang tentunya ramah lingkungan.”
 
Teky Mailoa juga menambahkan bahwa dalam kawasan BSD GOP 9 tersedia jalur sepeda dan jalur pejalan kaki yang terlindung di sepanjang jalan utama, fasilitas parkir sepeda dan shower room, shuttle bus yang khusus berada dalam distrik, serta lahan parkir yang terintegrasi.
 
Sustainable Development Practice
 BSD Green Office Park 9 menawarkan fasilitas terbaik dengan fitur-fitur ramah lingkungan yang didukung oleh desain, konstruksi, pengelolaan serta pemeliharaan yang sustainable.

Hal ini diwujudkan dalam bentuk konservasi energi melalui efisiensi air, system pencahayaan yang hemat energi (menggunakan lampu LED), serta praktek daur ulang sampah dan limbah yang ramah lingkungan.

Kawasan ini juga sangat memperhatikan arsitektur lansekap, serta pentingnya pelestarian ruang hijau. Penerapan Sustainable Development akan membuat umur bangunan semakin panjang dan memiliki daya tahan tinggi, serta biaya pemeliharaan dan operasional yang rendah.

Pembangunan ini akan menghemat biaya dalam jangka waktu lama serta meningkatkan tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan dan sosial.
 
Ishak Chandra, CEO Strategic Development and Services Sinar Mas Land memaparkan, “BSD GOP 9 memiliki beragam keunggulan yang membuatnya menjadi salah satu gedung perkantoran berkonsep green terbaik di tanah air.

Dikembangkan dalam Green District, hemat energy, memiliki lokasi strategis dan kemudahan akses, serta ditunjang beragam fasilitas terbaik dan dikelilingi kawasan residensial serta The Breeze BSD City, Teraskota, Eka Hospital, Prasetya Mulya Business School, Wisma BCA, hingga Aeon Mall BSD City dan Indonesia Convention Exhibition (ICE), membuat BSD GOP 9 sebagai pilihan ideal untuk sebagai area perkantoran.”


Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015