Tujuan 'Hospitality Jobs Fair' di Medan untuk memberi peluang kerja bagi warga Sumut dan sekaligus mempromosikan Sumut dan juga meningkatkan kerja sama daerah dengan Hongkong-Macau,"
Medan (ANTARA News) - Asosiasi Pengusaha Indonesia atau Apindo Medan bekerja sama dengan Konsulat Jenderal RI untuk Hongkong dan Macau berencana menggelar "Hospitality Jobs Fair" di Medan awal tahun 2016.

"Tujuan 'Hospitality Jobs Fair' di Medan untuk memberi peluang kerja bagi warga Sumut dan sekaligus mempromosikan Sumut dan juga meningkatkan kerja sama daerah dengan Hongkong-Macau," kata Ketua Apindo Medan, Rusmin Lawin di Medan, Minggu.

Menurut dia, Hospitality Jobs Fair di Medan, Maret 2016 itu direncanakan setelah Apindo Sumut melakukan.pertemuan dengan Konsul Jenderal Republik Indonesia untuk Hongkong dan Macau, Chalief Akbar di Hongkong belum lama ini.

Dalam pertemuan yang didampingi Konsul Ekonomi KJRI Hongkong-Macau, Cahyono Rasyid, ujar Rusmin Lawin, dinyatakan, Pemerintah Indonesia berupaya terus menekan angka pengangguran.

Apalagi akibat krisis ekonomi dewasa ini, angka pengangguran tren meningkat.

"Hospitality Jobs Fair di Medan diharapkan membuka kesempatan bekerja bagi warga Medan di Hongkong-Macau," katanya.

Dengan bekerja di luar negeri, pekerja Sumut juga bisa sekaligus mempromosikan Sumut.

"Pekerja yang bekerja di luar negeri nantinya juga diharapkan bisa menambah "ilmu" untuk kemudian bisa menciptakan peluang kerja di Sumut pada saatnya nanti," kata Rusmin Lawin yang juga Sekretaris Jenderal Federasi Real Estate Dunia Regional Asia Pacific (FIABCI).

Berdasarkan data, ujar Rusmin, beberapa sektor industri di Hongkong dan Macau, seperti perhotelan dan restoran membutuhkan tenaga kerja yang cukup banyak.

"Kebutuhan pekerja itu harus dimanfaatkan warga Sumut," katanya.

Mengutip pernyataan Chalief Akbar. Rusmin menyebutkan, KJRI Hongkong-Macau akan membawa sejumlah perusahaan besar di negara itu untuk ikut pada Job Fairs di Medan.

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015