Jakarta (ANTARA News) - Hewlett Packard (HP) bersama produsen kartu grafis AMD memperkenalkan HP 14-AF115AU, notebook yang diperuntukkan bagi pelajar.

"Tiga segmen pasar yang menjadi fokus AMD salah satunya adalah pelajar. Saat ini para pelajar membutuhkan notebook untuk mengerjakan tugas, mencari informasi dan data dari internet," kata Armawati, Central Bisnis Development Manager AMD Consumer Business Indonesia, di Jakarta, Senin.

Tidak hanya untuk menyelesaikan tugas, Armawati mengatakan bahwa para pelajar dapat menjadikan perangkat notebook tersebut sebagai media hiburan seperti menonton film dan menjalankan game.

Pasalnya, Notebook HP 14-AF115AU dilengkapi dengan prosesor AMD APU A6 Quad-core 2.0GHz dengan GPU Radeon terintegrasi.

Perangkat yang mengusung layar 14 inci dengan tebal 2,53cm dan berat 2,8kg itu juga dibekali RAM 2GB dan hard drive 500GB.

Lebih dari itu, notebook tersebut juga telah menjalankan sistem operasi Windows 10. "Ini merupakan perangkat pertama HP dengan AMD yang menggunakan Windows, sebelumnya DOS," ujar Melton Ciputra, Market Development Manager Consumer NB HP.

Dari segi ketahanan baterai, Retail Enablement Manager AMD Indonesia, Reza Alfrian, mengklaim bahwa Notebook HP 14-AF115AU mampu bertahan hongga 6 jam.

"Dengan Enduro Technology, saat prosesor tidak digunakan akan idle (diam) sehingga daya tahan baterai lebih kuat," kata dia.

"Saat digunakan untuk menonton film dan gaming notebook baterai dapat digunakan selama 3 jam, sedangkan untuk aktivitas biasa dapat bertahan hingga 6 jam," tambah dia.

Notebook HP 14-AF115AU, ditawarkan seharga Rp 3.999.000 dengan warna silver yang secara eksklusif tersedia di Hypermart.

"Sebelumnya kami juga telah bekerja sama dengan HP. Kami ingin membangkitkan semangat konsumen dan menjadi destinasi untuk berbelanja barang-barang IT," ujar Marisa Putri Agustina, Electronic General Manager Hypermart.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015