Apabila ada jemaat yang menemukan hal-hal yang sangat mencurigakan dan dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas, diharapkan segera berkoordinasi dengan kami."
Pontianak (ANTARA News) - Polres Singkawang mulai giat menggelar patroli keliling terutama di sekitar gereja-gereja guna menjaga Kamtibmas di wilayah hukumnya, menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru mendatang.

"Meski Natal masih semingguan lagi, kita tetap rutin menggelar patroli keliling, terutama di sekitar gereja-gereja," kata Kasat Sabhara Polres Singkawang, AKP Eko Andi Sutejo di Singkawang, Senin.

Menurutnya, patroli keliling merupakan salah satu tugas dan fungsi pokoknya di satuan Sabhara Polres Singkawang.

Dengan melakukan patroli ke tempat-tempat ibadah nasrani, katanya, adalah sebagai bentuk cipta kondisi jelang perayaan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016.

Alasan pihaknya melaksanakan patroli ke gereja-gereja, lantaran ada beberapa gereja yang saat ini sedang melaksanakan kegiatan-kegiatan ibadah, diantaranya adalah gereja di Jl Nusantara, gereja Fransiskus Assisi di Jl Pangeran Diponegoro, dan GKKB di samping Terminal Pontianak.

"Baik itu patroli sepeda, sepeda motor, dan kendaraan roda empat," tuturnya.

Dirinya tak mau kecolongan lagi terkait adanya bungkusan barang dalam kantong plastik di sekitar gereja Fransiskus Assisi beberapa waktu lalu.

Sehingga, pihaknya mengedepankan patroli di gereja-gereja. Namun, dia juga mengimbau para jemaat untuk mau bekerjasama dengan pihak kepolisian.

"Apabila ada jemaat yang menemukan hal-hal yang sangat mencurigakan dan dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas, diharapkan segera berkoordinasi dengan kami," pintanya.

Disamping rutin melakukan patroli keliling, pihaknya juga rutin menggelar cipta kondisi seperti melaksanakan razia ke tempat-tempat hiburan ataupun tempat-tempat yang dianggap rawan.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015